Standarisasi High Definition kini sudah merambah ke dunia in car-tainment. Produk-produk dengan input HDMI juga sudah menjamur. Apa kegunaan HDMI di mobil?

Car & Tuning Guide - - In Car-tainment - ANDY TINGGOGOY/PHOTOS: DOK. CAR & TUNING GUIDE NOTEBOOK

Standarisasi HDMI (HighDefinition Multimedia Interface) sebagai konektor untuk sumber audio/visual digital dengan definisi tinggi kini sudah merambah ke dunia in cartainment. Beberapa mobil standar pun sudah menganut koneksi ini sebagai input video.

Untuk sistem audio/visual di rumah, koneksi HDMI bisa digunakan untuk menghubungkan monitor (layar televisi) dari berbagai sumber. Mulai dari dekoder TV berbayar, DVD, BluRay player, game console, hingga komputer. Namun sumbersumber tersebut belum tentu bisa digunakan di mobil dengan leluasa.

Masalah paling mendasar adalah tegangan listrik yang tersedia di mobil adalah DC 12V, sementara perangkat elektronik rumahan menggunakan arus listrik AC antara 100 -230V. Karena itu perlu dicermati, perangkatperangkat apa saja yang dapat digunakan di mobil agar tidak menimbulkan kerusakan.

Ada tiga kategori perangkat visual yang dapat digunakan sebagai source di mobil dengan sempurna, yakni smartphone/ tablet, notebook, camcorder maupun kamera foto. Setelah memilih salah satu dari perangkat ini, Anda perlu mengetahui juga bagaimana cara mengkoneksinya, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Komputer notebook modern memiliki koneksi HDMI Type A (Full Size). Kabel jenis ini paling lazim ditemui dan digunakan pada perangkat High Definition. Tinggal mengatur output layar komputer menjadi duplicate, extended, atau second screen only pada setting Windows.

Adaptor MHL untuk monitor yang belum support sistem tersebut

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.