Sistem simpel dengan ganti head unit plus speaker 2-way

Car & Tuning Guide - - In Car-tainment - RACHMAD SADELI/PHOTOS: UTANTO WIBOWO, DOK. CTG UNTUK

Ada banyak cara dalam membangun sistem audio agar bisa menghasilkan suara optimal. Dari ubahan simpel sampai rombakan dengan banyak peranti audio dan berbiaya tinggi.

Ubahan simpel dengan penempatan speaker pada posisi standar juga dilakukan Utanto Wibowo, instalatur Elixir Car Stereo di jalan Rajawali, Yogyakarta. Sistem ini diberi nama “OEM Look Installation”.

“Saya tercengang setelah melakukan basic upgrade di Toyota Kijang Innova,” bilang Utanto. Peranti yang digunakan adalah head unit Pioneer AVH-X4850DVD, dan speaker ScanSpeak R6.2 2-way buatan Denmark seharga Rp 6,5 juta. Jika mau lebih murah bisa menggunakan JBL GTO 2 way seharga Rp 1 jutaan.

Head unit Pioneer ini dipilih lantaran telah dilengkapi equalizer, x-over aktif, dan time correction. “Head unit standar belum bisa diandalkan, makanya diganti Pioneer seri 4,” tukas Utanto. Ubahan ini tanpa diberi peredam tambahan dan masih menggunakan kabel bawaan.

“Hasilnya sungguh diluar dugaan. Tonal sangat bagus, seimbang. Bass tercukupi, midrange smooth, treble jauh lebih detail dan halus,” bilang Utanto. Posisi vokal terkunci di atas dasbor, di bawah spion tengah mendekat ke kaca depan, terdengar solid, tebal, dan terbentuk jelas. “Begitu juga dengan bass yang sangat mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, jauh lebih kuat, empuk dan pulen!”

time alignment dengan posisi duduk di bangku depan kiri, Utanto mengatur di head unit, posisi depan kiri 152,5 cm dan depan kanan 112,5 cm. “Rear left 137,5 cm, rear right 92,5 cm.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.