Kuncinya pilih speaker dan power amplifier tepat

Car & Tuning Guide - - In Car-tainment - RACHMAD SADELI/PHOTOS: ADLISAL DALAM

Bicara car audio di Indonesia, kita boleh berbangga khususnya dalam ajang kompetisi sound quality (SQ) tingkat Asia. Sepanjang tahun 2015 tercatat 17 piala diraih Indonesia dalam ajang kontes audio EMMA Asia.

Nah, salah satu yang bikin harum nama Indonesia adalah Mitsubishi Outlander milik Geoffrey Tjandra. “Dapat gelar SQ Advance Unlimited. Kontesnya diikuti 5 negara di Asia: China, Jepang, Thailand, Filipina dan Indonesia,” bilang Geoffrey.

Johny Chandra, instalatur Mega Audio yang menggarap proyek audio Oulander ini mengatakan, salah satu kunci suksesnya adalah aplikasi speaker Flux RC 361 3-way. “Pakai Flux 3-way karena suara vokalnya bagus, tweeternya halus dan detail. Midbass-nya memakai konus paper coated sehingga suaranya bisa natural,” kata Johny Chandra.

hal instalasi audio mobil, penempatan speaker menjadi kunci yang sangat penting. Untuk meletakkan tweeter dan midrange, Johny mesti mencari posisi yang pas di pilar A. “Saya cari posisi yang pas, baru kemudian ditempatkan dengan kuat dan kokoh ke pilar,” bilang Johny. Sedangkan untuk midbass ditaruh di pintu dengan dudukan memakai kayu MDF 18 mm. Efeknya suara bass menengah dapat terdengar bersih dan tak terjadi vibrasi.

Dari sisi setting suara, Johny mengandalkan prosesor Alpine PXA H800. “Cutting frekuensi high pass filter tweeter 5 kHz, untuk

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.