PAHAMI ATURAN MAINNYA

Car & Tuning Guide - - Driving Manner - FAJAR DIVA/PHOTOS: ADLISAL

Kesadaran berkendara yang baik menjadi tanggung jawab setiap pengendara. Salah satu faktor yang mempengaruhi keselamatan berkendara yakni faktor mental pengemudi serta pemahaman terhadap jenis mobil yang dikendarainya.

Seperti pengetahuan berkendara mobil jenis SUV. “Kelebihan SUV, biasanya kalau mengemudi jadi lebih pede, posisi duduk yang lebih tinggi serta visibilitas jadi lebih baik untuk melihat semua arah posisi sekeliling,” jelas Rifat Sungkar disela-sela acara Mitsubishi All Jalan Menurun dan Pengereman

“Perhatikan ketika berkendara kondisi jalan menurun curam. Serta fokus terhadap braking distance atau jarak pengereman. Pasalnya, SUV punya bobot lebih berat ketimbang sedan, dan titik berat mobil yang lebih tinggi. Semakin sedikit mengolah setir, semakin mudah mobil ini dikendalikan,” saran Rifat.

Untuk jalan menurun curam, jangan terlalu mengandalkan rem kaki saja. Anda perlu maksimalkan engine brake dengan menurunkan gigi transmisi ke tingkat lebih rendah. Dengan begitu, mempersingkat jarak dan waktu tempuh untuk berhenti atau mengurangi kecepatan tanpa membuat rem menjadi overheat. Jaga Jarak Aman

Kecepatan yang tinggi bisa berimbas sulitnya mengontrol kendaraan. Begitupun dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan yang didepan dan belakang. Jarak aman antar mobil di tol adalah 3 detik. Artinya, kita membutuhkan waktu 3 detik untuk posisi mobil yang berada di depan kita ketika melaju. “Kalau kondisi macet, stop and go, silakan sesuaikan saja,” cuapnya. New Pajero Media Drive di Bali.

Tapi ada yang harus diperhatikan lebih detail. Seperti treatment pengendalian dan perilaku berkendara. Contohnya pada All New Pajero Sport, karena dimensi yang lebih besar dan tinggi, maka center of gravity dan body roll pun lebih tinggi.

Itu sebabnya jangan melakukan pergerakan mendadak ketika mengemudi dengan bodi tinggi, karena mobil seperti ini tidak didesain untuk segesit sedan atau hatchback. Berikut beberapa poin yang bisa Anda terapkan ketika mengemudi SUV. Posisi Duduk dan Kaki

Untuk posisi duduk, badan jangan terlalu dekat dekat setir. Karena pasti menyulitkan ketika melakukan pergerakan tangan ketika manuver. “Sekarang sudah tidak wajib lihat kap mesin. Semakin dekat dengan setir, bisa membahayakan ketika terjadi benturan dan airbag mengembang,” saran pebalap Nasional ini.

Selain itu, posisi kaki kanan pun patut diperhatikan penempatannya. “Tempatkan kaki kanan di antara pedal gas rem. Sehingga kaki tersebut mempunyai peluang yang sama untuk menginjak pedal gas dan rem ketika berkendara,” tutup Rifat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.