HYUNDAI ALL NEW i20

Car & Tuning Guide - - Volume - ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: ARTHAMIYA

Kiprah Hyundai dalam ajang balap rally dunia memang sudah tidak diragukan lagi melalui para pembalapnya Dani Sordo, Hayden Paddon serta Thierry Neuville. Bahkan pereli Thierry Neuville bersama co-driver Nicolas Glisoul mampu menjuarai seri ke-6 World Rally Championship 2016.

Melihat kesuksesan tersebut, bersamaan dengan peluncuran

all new i20, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) juga membuat versi replika dari i20 versi WRC. Tak hanya sekadar penempelan stiker, namun Hyundai juga membuat body kit agar tampilannya semakin mirip versi aslinya.

Ubahan paling mencolok memang terlihat di bagian eksterior. i20 berkelir putih ini langsung dilapis stiker biru dan hitam sebagai dasar yang juga warna khas dari i20 versi rally. Menurut Hendrik Wiradjaja, Marketing and Communication Division PT HMI, “Dari sisi stiker mobil ini memang dibuat semirip mungkin, hanya saja ada beberapa stiker yang terkait sponsor tidak kami pasangkan”.

Agar semakin mirip, penambahan body kit juga dilakukan utamanya dibagian fender depan dan belakang. tak ketinggalan, add on body kit juga disematkan pada bagian bawah bumper depan untuk menyesuaikan spakbor yang kini berukuran lebih besar. Menambah aura balap, Hyundai pun memasangkan roof spoiler berukuran sedikit besar.

Namanya replika pasti dibuat semirip mungkin, makanya sektor kaki-kaki pun sebisa mungkin cari velg yang serupa. Pilihannya jatuh pada velg OZ Superturismo LM ukuran 17 inci. Hanya saja, velg ini dicat lagi. Merah untuk velg depan sementara yang di belakang dilabur warna hitam. Velg ini dikombinasikan dengan ban ukuran 245/40R17. Oh ya, agar tampilan lebih pas berkat fender yang lebih keluar, dipasangkan pula 1 lembar spacer antara velg dan tromol.

Sementara bagian interior, Hyundai hanya memasang bucket seat Sparco lengkap dengan seatbelt 4 titik yang juga dari merek yang sama. Untuk membuat replika ini, setidaknya Hyundai harus merogoh kocek hingga Rp 35 juta loh. Tertarik menjadikannya inspirasi dress up?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.