TOYOTA VELOZ TIGRÉ

Car & Tuning Guide - - Volume - BOY BEDING/PHOTOS: ARTHAMIYA, ADLISAL, TOYOTA

Momentum pameran otomotif – terutama yang berskala internasional – seringkali digunakan oleh Agen Pemegang Merek (APM) untuk memamerkan hasil karya tim desainernya berupa versi dress up, edisi terbatas, atau varian baru dari line-up-nya. Seperti halnya PT Toyota-Astra Motor yang tahun ini menampilkan 8 line-up yang telah mendapat sentuhan dari Styling Design Team, C&A Planning & Design Department, Product Planning & Development Division.

Konsep dress up yang digunakan tahun ini adalah “Clean and Sleek” yang membuat produk-produk Toyota ini tampil lebih menawan. “Kami tampilkan mobil-mobil dress-up untuk menginspirasi pelanggan mewujudkan ide kreatif mereka agar memperoleh tingkat kepuasan yang lebih tinggi,” kata Henry Tanoto, Vice President

Director PT Toyota-Astra Motor.

Di antara 8 model Toyota yang mendapat sentuhan dress up, terdapat Veloz Tigré dengan rancangan dan desain modifikasi yang signifikan (high modification). Sosok atraktif bergaya crossover ini menggunakan basis Toyota Grand New Veloz 1.3 A/T, dirancang dengan tema “Tough and Advance”.

Untuk nama “Tigre” yang melekat pada unit dress up paling ekstrem di booth Toyota ini, tim TAM Design mengaambil kata dari Bahasa Italia yang berarti Harimau. Mengapa harimau, karena desain modifikasi pada MPV yang sudah disulap menjadi berkarakter sporty ini terinspirasi dari karakter wajah harimau yang sedang marah (furious face), dan dipadukan dengan aura atletis dari seorang atlet.

Setelah menuangkan ide rancangan melalui sketsa, tim TAM Design melanjutkannya dengan melakukan rendering dari mobil basis Grand New Veloz baik tampak depan maupun belakang. Tahapan berikut untuk mewujudkan rancangan MPV bergaya crossover ini menjadi unit display adalah proses design mock-up yang diawali oleh pembuatan clay model, berlanjut ke hard model, dan akhirnya painting and fitting.

Bagian-bagian yang mendapat sentuhan untuk membentuk Tigré adalah bumper depan yang diberi lekukan-lekukan berkesan macho, sementara warna gril dibuat menjadi piano black. Tak lupa headlamp proyektor yang diambil dari Grand New Veloz 1.5 dibuat senada dengan gril setelah diberi sentuhan hitam di sekelilingnya. Foglamp standar Veloz yang berbentuk bulat tak lagi sesuai dengan wajah garang Tigré. Itu sebabnya dibuatkan custom foglamp dengan desain yang advanced.

Kesan atletis didapat setelah kedua sisi bodi diberi tambahan side body moulding, side skirt, dan over fender di keempat sepatbor. Sementara ciri khas crossover semakin kuat dengan adanya roof ornament yang dirancang sebagai roof rail yang menyatu dengan atap. Selain pada gril, sentuhan warna piano black juga terlihat pada rumah spion samping, membuat detail bagian ini tampak serasi.

Di bagian belakang, dilakukan ubahan pada rear spoiler dengan high mount stop lamp. Desain standar tak diubah tapi diberi pembungkus warna piano black yang membuat spoiler belakang tampak semakin menyatu dengan panel pintu bagasi dan lampu belakang yang juga mendapat sentuhan panel piano black.

Melanjutkan tarikan garis desain dari side body moulding dan over fender, bumper belakang serta pintu bagasi juga diberi tambahan moulding yang memberi kesan kokoh. Dan underprotector di bawah bumper belakang.

Warna yang dipilih untuk Veloz Tigré adalah Sonic Titanium yang memberi kesan modern, dengan sentuhan Red Mica Crystal Shine sebagai aksen di bumper depan. Sementara seluruh moulding serta over fender diberi finishing abu-abu semi doff yang membuat bagian-bagian ini tampak menonjol dan memberi kesan kekar.

Penampilan Veloz Tigré pun lengkap setelah velg standar diganti dengan produk hasil rancangan tim TAM Design dengan PT Pakoakuina. Velg berdiameter 16 inci dengan finishing two tone ini dibalut ban berukuran 205/55R16.

Sama seperti Grand New Veloz, interior Veloz Tigré juga berwarna hitam dengan kelengkapan head unit double DIN dan 6 buah speaker. Kelengkapan safetynya juga tak ada yang dikurangi meliputi ABS, seatbelt 3 titik di semua bangku, pengait ISOFIX, dual SRS airbag, side impact beam, dan kunci dengan immobilizer.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.