SUZUKI CARRY 1.5

Car & Tuning Guide - - Volume - ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: ARTHAMIYA

Di antara deretan mobilmobil penumpang yang ada di booth Suzuki, rupanya ada satu mobil jenis komersial yang juga jadi tulang punggung penjualan dari pabrikan berlogo S yakni Suzuki Carry 1.5. Tapi bukan sekadar dipamerkan untuk dijual, melainkan tampilan Carry sudah dirombak habis bergaya off-road dan siap menjelajah ke berbagai medan.

Carry bak terbuka yang identik dengan mobil pengangkut barang kini terlihat ekstrem berkat gound clearence yang menjulang tinggi. Salah satu resepnya yakni dengan cara body lift. Antara sasis dan bodi dibuat penyangga besi yang

berukuran lebih dari 5 cm.

Untuk suspensi, bagian depan dibuat dudukan baru agar posisi suspensi jadi lebih panjang, sementara per belakang, shacklenya diganti yang berukuran lebih tinggi. Dengan begitu ban Simex Extrem Trekker berukuran 31x10,5 R15 masih terlihat lowong di spakbor Carry.

Semakin terlihat kontras berkat penggunaan velg replika American Wheels berukuran 15x8,5 inci lengkap dengan beadlock berwarna merah. Sekadar info, beadlock ini berfungsi untuk mencegah ban lepas dari velg ketika ban berjalan menggunakan tekanan angin yang sangat rendah.

Mengimbangi ban yang berukuran besar, bagian spakbor dibuatkan over fender ala Bushwacker. Tak hanya itu, snorkle di pilar B juga dibuat menjulang tinggi agar mobil ini masih bisa melintasi genangan yang cukup tinggi.

Agar telihat lebih macho, bumper standar pun diganti dari baja berukuran 4 mm yang dibentuk menyesuaikan lekuk Carry. Di tengahnya, winch Runva EWG 6000 yang memiliki daya tarik hingga 2,7 ton dipasangkan sebagai alat recovery karena mobil ini masih menggunakan sistem gerak roda belakang saja.

Sama halnya seperti bumper depan, pelindung bagian buritan pun dibuat dari bahan baja, hanya saja desainnya lebih simple. Begitu juga dengan winch yang digunakan lebih kecil yakni Runva EWX-2000 yang memiliki daya tarik hingga 900 kg.

Di bagian bak, dibuatkan roll cage sebagai dudukan motor trail dan juga tempat menyimpan ban cadangan. Kalau sudah begini, Carry tentu siap diajak untuk berpetualang di medan off-road ringan nih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.