SSD Lebih Tahan Banting

Chip (Indonesia) - - Tren -

Tanpa disadari, beberapa pengguna sering memindahkan atau membawa notebook sambil berjalan dalam keadaan menyala. Padahal, jika notebook tersebut menggunakan hard disk sebagai media penyimpanan utamanya, tindakan seperti ini merupakan hal yang haram dilakukan. Mengapa?

Hard disk berisikan mekanik-mekanik yang bekerja untuk membaca data yang ada pada piringannya. Mekanik yang ada di dalamnya bukanlah sebuah rangkaian yang dibuat dengan kokoh. Oleh karena itu, saat terjadi guncangan tidak sesuai dengan gerakan yang ada, hal tersebut akan sangat mengganggu kerja mekanik seperti pada aktuator, head, dan lain sebagainya.

Saat hard disk menuliskan data pada sebuah sektor, tentu saja presisi tingkat tinggi dibutuhkan. Pergeseran minimal satu milimeter saja sudah akan membuat data yang ditulis menjadi error. Selain itu, saat terjadi guncangan, sekecil apa pun yang mengganggu kerja mekanik, dapat merusak sensor dan mekanik. Hal ini berujung pada bunyinya hard disk saat dioperasikan dan hilangnya data pada setiap piringan hard disk.

SSD BUKAN MEKANIK

SSD tidak memiliki sistem mekanik seperti pada hard disk. Hal ini tentu saja membuat SSD sangat cocok digunakan pada sebuah notebook. Sebuah SSD hanya berisikan papan board yang terhubung dengan chipset serta NAND Flash yang dibuat kokoh. Ditambah dengan casing, membuat SSD lebih tahan terhadap benturan.

Jadi, bagi Anda yang sering menjatuhkan notebook secara tidak sengaja, CHIP sangat menyarankan Anda untuk menggunakan SSD sebagai sebuah media penyimpanan utama. Dengan begitu, hal pertama yang paling dahulu rusak pada saat sebuah notebook terbanting tentu saja engsel yang menyambungkan antara layar dengan board yang ada di dalam notebook. Data-data yang nilainya bisa mencapai milyaran rupiah tentu saja masih bisa selamat dan dibaca dengan mudah. Tinggal mencabut SSD dari notebook dan memasangnya pada sebuah PC desktop atau cukup menggunakan USB enclosure eksternal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.