Kelemahan Solid State Drive

Chip (Indonesia) - - Tren -

Dari sekian banyaknya kelebihan dari sebuah perangkat tentu tidak luput dari banyaknya kekurangan-kekurangan yang ada. Begitu pula dengan Solid State Drive. Diluar bagaimana SSD memakan daya listrik yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD, tidak adanya suara dan getaran yang dikeluarkan oleh SSD, kecepatannya, keandalannya, dan ketahanannya, ternyata SSD masih menyimpan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian bagi para pemiliknya. Apa saja?

SSD kurang cocok digunakan untuk data-data yang sensitif. Hal ini disebabkan karena data yang dihapus dari sebuah SSD masih dapat diakses oleh para forensik digital. Hal tersebut pun juga bisa terjadi pada beberapa SSD yang sudah di-secure erase! Jadi, jika ingin melakukan penghancuran data atau shredding, ada baiknya sebuah SSD juga ikut dihancurkan secara fisik.

umur penulisan dari sebuah SSD. Sampai sekarang, masih simpang siur data yang menyatakan bahwa sebuah SSD hanya mampu melakukan penulisan per block hingga 10.000x. Sayangnya, data tersebut tidak mengikutsertakan feature terbaru sebuah SSD, yaitu Garbage Collection. Garbage Collection akan membantu membuat sebuah SSD memiliki performa yang tinggi tanpa bantuan TRIM, akan tetapi, operasi yang dilakukan GC membutuhkan block baru dalam membersih kan sebuah block lama. Tentu saja, hal ini akan membuat SSD harus menulis beberapa kali untuk sebuah penulisan data dan bahkan untuk menghapusnya!

selain harganya yang mahal serta kapasitasnya yang ada di bawah HDD, SSD harus selalu dialiri oleh listrik. Hal ini disebabkan data yang ada di dalam SSD dapat terhapus hanya dalam hitungan hari saja! Walaupun hal ini akan sangat jarang terjadi, tetapi pada beberapa kasus tertentu hal ini bisa saja merugikan sang pemilik SSD. Hal tersebut dijelaskan pada tabel di atas, di mana sebuah SSD akan hilang datanya setelah seminggu saat tidak dialiri listrik dan ada pada suhu 55°C.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.