Android Marshmallow

Chip (Indonesia) - - Tren -

ada setiap versi baru sistem operasi Android, Google selalu menyematkan banyak bugfix serta featurefeature terbarunya. Lompatan angka versi dari 5.x.x ke 6.x.x menandakan bahwa feature yang dibawa oleh versi yang baru akan memberikan dampak yang luas bagi para penggunanya. Dan ternyata, memang Google memberikan banyak perubahan pada Android versi 6.0 dibandingkan dengan Lollipop. Lalu, apa saja perubahan yang dapat dilihat pada sistem operasi baru ini?

PUser Interface

Ada beberapa perubahan yang ada pada desain antar muka dari Android Marshmallow. Hal pertama yang dapat dilihat adalah bar pencari Google yang tidak dapat dihapus dari homescreen Google Now Launcher. Hal ini tentu saja dapat membuat penggunanya dengan mudah melakukan pencarian baik melalui keyboard maupun suara dengan memanggil “OK Google” dari setiap halaman homescreen.

Selain itu, desain app drawer yang biasanya digeser secara horisontal pada versi Adnroid Lollipop berubah menjadi vertikal seperti halnya Android Cupcake. Masih pada App drawer, pengguna juga bisa melakukan uninstalasi sebuah aplikasi langsung dengan menggeser icon-nya ke bagian atas pada lambang tong sampah.

Selebihnya, Google tidak membawa banyak perubahan pada tampilan desain antar muka launcher-nya. Namun, pengguna dapat mengganti tampilan launcher perangkatnya secara leluasa dengan mengunduhnya melalui Google Play.

Pada Android Marshmallow 6.0.1, Google juga pada akhirnya membuat sebuah update yang cukup signifikan terhadap para pengguna tablet Nexus. Google menaruh tombol Back dan Home pada bagian bawah sebelah kiri dan tombol Recent App pada bagian sebelah kanan. Hal ini tentu saja menambah tingkat ergonomis penggunaan tablet saat menggunakan dua tangan. Pada versi 6.0, pengguna mau tidak mau harus merenggangkan jempol tangan kirinya hanya untuk menekan tombol recent app.

Penghemat Baterai

Pada Lollipop, Google pertama kali memperkenalkan sebuah feature

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.