TERJANGKAU DAN MUMPUNI UNTUK GAME FULL HD

Chip (Indonesia) - - TES -

GPU GP107-300. Seperti graphics card pada umumnya, paket penjualannya tergolong minim. Di dalam kardusnya hanya ada Quick User Guide dan DVD Driver saja.

Desain

Berkat memory bus 128-bit, MSI GeForce GTX 1050 2G OC datang dengan ukuran yang sangat kecil. Total dimensinya hanya 177 x 118 x 34 mm sehingga muat di dalam casing PC untuk form factor mini-ITX. Berbeda dengan saudara dekatnya, GTX 1060 yang memiliki memory bus 192-bit sehingga dimensi papan PCB-nya pun lebih panjang.

Tak cuma dimensi keseluruhannya, proses fabrikasi GPU yang tertanam di dalam graphics card GeForce GTX 1050 pun lebih kecil. Sejauh ini, baru GTX 1050 dan GTX 1050 Ti saja yang mengadopsi arsitektur Pascal dengan teknologi 14 nm. Sementara GTX seri 10 lainnya masih megandalkan proses fabrikasi 16 nm. Penyusutan ukuran dari 16 nm ke 14 nm memang terbilang sangat kecil. Meski begitu, hal ini berhasil membuat graphics card lebih efisien dalam bekerja dan menghasilkan panas yang lebih sedikit lagi.

Dimensi keseluruhan yang kecil serta dispasi panas yang rendah membuat MSI hanya menyertakan sistem pendingin yang sederhana pada graphics card ini. Bagaimana tidak, tepat di atas GPU hanya terpasang sebuah heatsink kecil yang tak disertai heatpipe untuk mengalirkan panas. Sementara untuk membuang panas dari heatsink, terpasang sebuah kipas berdiameter 8 cm pada sisi depan.

Pada sisi atasnya, MSI GeForce GTX 1050 2G OC tak dibekali dengan pin power. Ini dikarenakan ia hanya membutuhkan daya maksimal yang kecil, yakni 75 watt.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.