DATA LEBIH AMAN BERKAT DUA HARDDISK

Chip (Indonesia) - - TES -

Dengan embel-embel “Cloud”, data yang ada di dalam perangkat ini bisa diakses dari mana saja melalui koneksi internet. Agar bisa terhubung dengan internet, Anda cukup mengoneksikannya ke router melalui port RJ-45. Untuk mendukung hal tersebut, pada paket penjualannya juga terdapat kabel ethernet sehingga Anda tak pelu lagi repot-repot untuk membelinya secara terpisah. Tak cuma itu, WD juga menyertakan power adaptor dan quick install guide di dalam kardusnya.

Desain

Tak jauh berbeda dengan WD My Cloud, bagian luar perangkat ini dibalut dengan material plastik. Hanya saja, dibekali dua buah harddisk membuat bodinya lebih bongsor ketimbang saudaranya. Tak cuma dimensi, bobotnya pun ikut bertambah. Secara keseluruhan, harddisk eksternal ini sendiri memiliki dimensi 99,06 x 154,94 x 171,45 mm dengan bobot sekitar 2 Kg. Untuk menjaga temperatur udara di dalam perangkat, WD sengaja merancang bagian atas dan bawah dengan permukaan yang berlubang untuk sirkulasi udara.

Agar bisa terkoneksi dengan jaringan, pada sisi belakang WD My Cloud Mirror terdapat sebuah port RJ-45 yang lengkap dengan lampu LED sebagai indikator perpindahan data. Tepat di sampingnya, terdapat dua buah port USB 3.0 yang bisa mendeteksi berbagai media penyimpanan eksternal seperti flash disk atau harddisk eksternal. Adanya port USB ini bisa Anda manfaatkan untuk memindahkan data atau melakukan backup data ke media penyimpanan eksternal lainnya jika diperlukan.

Jika Anda lupa dengan username dan password yang sudah dibuat, pada sisi belakangnya juga terdapat sebuah tombol reset yang bisa mengembalikan akun ke konfigurasi default. Tak jauh dari tombol tersebut, ada lubang kesington lock yang bisa difungsikan untuk mengunci perangkat untuk menghindari pencurian.

Sementara pada sisi depan ada tiga buah lampu LED yang masing-masing

Bagi sebagian orang, data adalah aset digital yang sangat berharga. Oleh karenanya, walaupun sudah diletakkan di berbagai media penyimpanan eksternal, banyak yang kembali melakukan backup data secara berkala guna memastikan bahwa datanya tetap aman. Namun hal tersebut tak perlu lagi dilakukan pada WD My Cloud Mirror. Berbeda dengan harddisk eksternal pada umumnya, perangkat ini dibekali dengan dua buah harddisk yang sudah dikonfigurasikan dengan mode RAID 1. Ini artinya, apapun yang ada di dalam harddisk pertama, akan langsung terduplikasi secara otomatis ke dalam harddisk kedua sehingga data yang tersimpan pun bisa lebih aman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.