PHOTOSHOP

Chip (Indonesia) - - TIPS & TRIK - Mengaburkan area tertentu pada foto

ada. Masalah yang ada bisa terselesaikan setelah Anda melakukan penginstalan otomatis pada driver. Ada beberapa alasan mengaburkan suatu bagian tertentu dari foto. Mulai dari alasan pribadi seperti tidak mengekspos wajah orang lain yang tidak berkepentingan di foto sampai dengan menghilangkan plat nomor dan identitas lain ketika diunggah di media social.

Untuk melakukan hal ini, Anda perlu untuk menentukan area seleksi. Buka foto yang Anda inginkan dengan “File -> Open”. Setelah foto terbuka, pilih area seleksi dengan “Rectangular Marquee Tool” yang berbentuk kotak dengan garis putus-putus. Anda juga bisa menggunakan shortcut “M” untuk memunculkannya. Setelah itu, tuju bagian “Filter” dan pilih bagian “Blur -> Gaussian Blur”. Atur nilai blur sesuai keinginan Anda. Setelah semuanya sesuai, save gambar Anda dengan klik menu “File-> Save”. pasti sudah cukup familiar dengan istilah cropping, yaitu memotong dan mengambil hanya sebagian dari gambar. Permasalahannya, jika pada suatu gambar ada beberapa bagian yang ingin Anda ambil, tentu akan menyulitkan jika menggunakan cropping karena hanya sebagian saja yang akan terambil. Dalam hal ini, pentingnya peran Slice tool.

Seperti halnya pisau dapur atau pisau plastik untuk kue, Slice tool memotong gambar menjadi beberapa bagian tetapi tidak membuang bagian yang lain. Untuk menggunakan tool ini, Anda perlu memilihnya terlebih dahulu. Tool ini ada di satu tempat dengan Crop tool. Untuk memunculkannya, tahan icon Crop tool (dengan segitiga kecil di sudutnya) dan pilih icon berbentuk pisau potong.

Seperti halnya pisau, tandai bagian-bagian yang Anda inginkan dengan memotong selama beberapa kali. Klik dan geser untuk menandai bagian per bagian sampai Anda merasa cukup. Untuk menyimpannya Anda tidak bisa menggunakan cara biasanya. Pilih “File –> Export -> Save for Web (legacy). Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada window baru untuk menentukan format penyimpanan. Pilih format yang Anda inginkan, tentukan lokasi penyimpanan dan pilih “Save”. File Anda akan tersimpan dalam bentuk potongan-potongan di dalam satu folder “images”.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.