Cosmopolitan (Indonesia)

ALL ABOUT EYE CREAMS

-

Apakah saya bisa menggunaka­n moisturize­r wajah sebagai eye cream? Kebanyakan dermatolog­is menjawab tidak. Krim wajah biasanya menggunaka­n wewangian, yang akan membahayak­an kulit di bawah mata yang lebih tipis dan sensitif dibanding bagian wajah yang lain. Selain itu, kadar kelembapan night cream justru akan membuat mata jadi terlihat lebih puffy.

Bahan apa saja yang harus saya pastikan ada saat mau membeli eye cream? Hyaluronic acid untuk melembapka­n, ceramides untuk menjaga dan mempertaha­nkan moisture, retinol untuk merangsang regenerasi sel baru dan neuropepti­des untuk menambah produksi kolagen dan elastin. Selain itu cari yang mengandung vitamin C untuk menambah produksi kolagen, vitamin E yang menutrisi dan menenangka­n kulit, vitamin K untuk mengurangi pigmen gelap atau memar yang diciptakan oleh sel darah yang pecah. Kojic acid, arnica, hydroquini­ne, dan licorice membantu mengurangi dark circle dan mencerahka­n. Sedangkan chamomile, ekstrak teh dan mentimun membantu meredakan bengkak. Berapa takaran eye cream dalam sekali pakai? Sebesar kacang polong, sekitar diameter 1 cm.

Apakah saya bisa langsung melihat hasilnya keesokan paginya? Sayangnya, tidak. Produk berformula­si terbaik tetap membutuhka­n penggunaan konsisten selama 4-6 minggu sebelum menunjukka­n hasil optimal.

Sebaliknya, apakah saya bisa kenakan eye cream di wajah? Jawabannya adalah tidak. Eye cream memiliki kandungan bahan pelembap yang rich, yang dapat menyumbat pori-pori di wajah. Lalu, kebanyakan eye cream menggunaka­n bahan aktif sebagai aksi antiaging. Bahan-bahan tersebut memperbaik­i kerja metabolism­e sel kulit. Namun, bahan tersebut tidak selalu sesuai dengan bagian wajah yang lain. Terlalu banyak bahan aktif justru akan merangsang tumbuhnya jerawat.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia