S*!T

Cosmopolitan (Indonesia) - - YOUNIVERSE -

Bukan Lagi HAL Tabu kata-kata yang “Menguntungkan”

air es dan melihat seberapa lama mereka bisa bertahan. Hasilnya, mereka yang mengeluarkan kata “kotor” bisa bertahan dua kali lebih lama. “Mengumpat dapat mengaktifkan sistem limbik pada otak, yang mana melepaskan adrenalin, hormon yang bisa meredakan rasa sakit,” ujar Dr Samantha. Efek yang dikenal dengan hypoalgesia ini akan lebih efektif pada mereka yang jarang berkata kasar. Namun, sering mengumpat ataupun tidak, berteriak “B*NGS*T!!!” saat sakit bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Masih ada manfaat lainnya! Mulai dari memengaruhi emosi dan dapat membuat Anda merasa fearless, hingga bisa meningkatkan hormon endorfin sehingga tubuh relaks. Sensasi yang dihasilkan hampir sama dengan berlibur musim panas. Selain itu, berkat efek emosionalnya, mengumpat bisa membantu Anda menemukan “tempat” dalam lingkaran pertemanan. Menurut Dr. Samantha, mendengar orang lain mengumpat akan mengaktifkan amygdala, sistem limbik otak yang mengontrol respon fight or flight. Yup, mengumpat punya reaksi emosional yang signifikan. “Ia menciptakan koneksi, membangun hubungan yang erat, terutama ketika memiliki “gaya” mengumpat yang sama,” ujarnya.

namun, gunakan dengan Bijak

Memang sih kebiasaan ini bisa mempererat hubungan, dengan membangun kedekatan dengan orang lain. Akan tetapi, hati-hati darling. Layaknya cinta, salahsalah, kerap berkata kasar bisa jadi bumerang. “Yang terjadi hubungan malah tidak terbentuk, bahkan hancur,” imbau Dr. Samantha. “Karena tidak bisa dipungkiri kalau kebiasaan tersebut masih dianggap agresif.”

Bila digunakan dalam konteks yang benar, tidak ada yang lebih bisa mengekspresikan emosi Anda selain “br&%*sek!”... Akan tetapi, gunakan hanya untuk situasi tertentu saja. Dan pastikan penggunaannya tidak dalam bentuk dan tujuan untuk menghina orang lain. Big No No! Karena Anda pun tahu, semakin sering disalahgunakan akan semakin tidak enak rasanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.