SISI LAIN

Lahir di Lebanon, berpaspor Prancis, lama berkarier di Asia Tenggara, dan kini menetap di Indonesia selama hampir satu dasawarsa, Franck Loison mewujudkan mimpinya untuk berkelana melihat sisi lain dunia. General Manager Pullman Bali Legian Nirwana ini me

DestinAsian Indonesia - - GOOD TO GO -

Dari kuliah, saya selalu ingin bepergian, ingin melihat dunia, karena itulah saya memilih dunia hospitality. Bergabung dengan Grup Accor memuluskan jalan saya untuk mewujudkan mimpi. Selain memiliki banyak properti yang tersebar dari Eropa hingga Asia, grup ini membuka kesempatan bagi saya untuk berkembang dari segi karier. Dari sisi servis, Indonesia lebih baik. Warga di sini memiliki tata krama yang baik, serta sifat melayani dengan level tinggi yang sulit ditemukan di daerah lain di Asia. Jika saya bandingkan dengan Thailand dan Malaysia, warga di sini umumnya lebih lancar berbahasa Inggris. Kualitas staf hotel dan hotelnya pun lebih baik.

Setiap hotel mempunyai keunikan tersendiri. Perbedaannya terletak pada cara berinteraksi, frekuensi bertemu, dan menjalin relasi dengan para tamu. Kamar di hotel butik umumnya lebih sedikit jumlahnya, jadi relasi dengan tamu bisa lebih intim. Di properti besar yang memiliki banyak kamar, interaksi lebih minim, kadang saya bertemu tamu reguler hanya saat mereka sedang sarapan. Jumlah staf hotel semacam ini juga tentunya lebih banyak, karena itulah krusial memilih orang yang tepat untuk menangani para staf.

Selama menetap di Indonesia sejak 2007, saya sudah berkunjung ke daerah-daerah wisata di Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Sulawesi. Sekarang saya ingin lebih menjelajahi kawasan timur Indonesia. Labuan Bajo dan Sumba berkesan, dan saya merasa beruntung sudah ke Papua. Papua memiliki budaya unik yang sulit ditandingi, begitu juga alamnya yang asri. Sukar menggambarkannya dengan kata-kata.

Jika ingin rileks, saya pasti memilih pantai. Tapi sepertinya saya lebih suka pegunungan. Gunung tersulit yang pernah saya daki adalah Rinjani di Lombok. Saya menghabiskan dua malam di sana: menginap semalam di dekat danau, lalu semalam lagi di puncaknya.

Saya cukup avonturir untuk urusan makanan; senantiasa ingin mencoba menu lokal. Di Yogyakarta, pi- lihan saya selalu gudeg. Di Bali, favorit saya bebek betutu. Dan di Lombok, ayam taliwang sungguh lezat. Mencicipi aneka makanan juga bagian dari pekerjaan saya.

Makanan, khususnya wine dan keju. Banyak keju di sana yang sulit ditemukan di sini, misalnya keju camembert. Untuk wine, Margaux dari Bordeaux sukar dicari, dan harganya terlalu mahal di sini.

Rusia. Saya ingin mengeksplorasi tempat yang jarang masuk daftar rekomendasi turis. Dua tahun lalu, saya berkunjung ke Pyongyang selama seminggu. Trip yang luar biasa. Untuk destinasi di Indonesia, satu tempat yang hendak saya datangi adalah Raja Ampat. Ingin sekali snorkeling di sana.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.