KAKI KASTEL

Bojnice memiliki hot spring, kebun binatang legendaris, dan salah satu kastel terindah di Eropa. Titik transit populer dalam road trip di Slovakia.

DestinAsian Indonesia - - GOOD TO GO - OLEH CRISTIAN RAHADIANSYAH / FOTO OLEH MUHAMMAD FADLI

Bojnice: kota bersahaja yang akrab dan karismatik. Ini tipe kota yang akan Anda singgahi sejenak, namun mampu meninggalkan memori yang membekas panjang, layaknya mimpi yang singkat tapi selalu terngiang. Dan dalam “mimpi” saya, ada sosok Martina Lekyr.

Anggun, langsing, dan semampai, Martina seperti model yang dicomot dari papan reklame Swarovski. Dengan jarinya yang lentik, dia menuangkan wine ke gelas saya. Wine dari botol yang menampilkan foto wajahnya sendiri.

Martina seorang priayi. Dia mengelola pabrik anggur di selatan Slovakia, lalu menjajakan hasilnya di Bojnice. “Saya ingin memperkenalkan wine lokal kepada pengunjung kota ini,” ujarnya.

Di restorannya, simbol ningrat keluarganya masih terukir di plafon. “Status bangsawan sebenarnya sudah lama dihapuskan di Slovakia,” sambung Martina, “tapi kami masih memeliharanya dalam lingkup internal keluarga.” Saya menyimak kata-katanya dengan gugup. Ini pertama kalinya saya disuguhi wine oleh seorang Raden Ajeng asal Eropa.

Saya singgah di Bojnice dalam ekspedisi road trip melintasi Slovakia dari timur ke barat. Terletak di jantung negeri, kota mungil ini adalah titik transit yang populer bagi pelancong. Di sini, tamu umumnya berpelesir sejenak, menginap semalam di penzion (istilah lokal untuk motel), kemudian meluncur ke kota lain keesokan harinya.

Saya datang di musim dingin. Di luar periode kunjungan turis ini, Bojnice adalah kota yang sepi, dan sepertinya sudah terbiasa dengan sepi. Populasinya sekitar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.