Rute

DestinAsian Indonesia - - LANDMARK -

Zurich dan Jenewa adalah dua gerbang internasional utama Swiss yang dilayani oleh banyak maskapai, di antaranya (swissair.com) dan negara yang paling serius dalam mengemas perjalanan kereta sebagai aktivitas wisata.

Hampir setiap destinasi di negeri penghasil cokelat batangan ini telah dihubungkan oleh rel, dan seluruh rel tersebut dilalui oleh kereta wisata. Kereta jenis ini didesain sepenuhnya untuk memuaskan turis. Panduan wisata tersedia di tiap gerbongnya. Tiketnya mudah dipesan melalui situs biro pariwisata. Paket-paket perjalanannya bisa dikombinasikan dengan trem, bus, juga kunjungan ke ratusan museum.

Perjalanan Tara dimulai di Lausanne, kota elok di tepi danau. Lausanne memancarkan atmosfer kota kecil yang karismatik. Rumah-rumah warganya bertaburan di bukit. Populasinya hanya 130.000 jiwa. Di sini, kereta mendaki dan menurun mengikuti kontur lereng, membelah lembah dan meniti jembatan tipis. Hampir sepanjang perjalanan, penumpang dimanjakan oleh penggalanpenggalan wajah Danau Jenewa yang terhampar 580 kilometer persegi, kira-kira lima kali lebih luas dari Danau Singkarak. Saking luasnya hingga menyerupai lautan.

Kehidupan bergulir lamban di Lausanne. Menelusuri jalan-jalannya, kita bahkan akan merasakan betapa waktu seakan malas berputar. Lausanne didominasi bangunan sepuh peninggalan abad ke-13 dan 16. Banyak sudutnya dihubungkan oleh jalan dan jembatan batu. Ikon utama kota adalah Cathedral of Notre Dame yang bertitimangsa 1165. Tara mengunjunginya, mengagumi tiap detailnya, juga menyelami sejarahnya. Awalnya melayani umat Katolik, Notre Dame berubah menjadi rumah ibadah Protestan. “Interior katedral selalu mengagumkan. Saya terpesona oleh kolase kacanya—elemen yang paling memikat dengan motif yang bercerita,” jelas Tara.

Warisan Zaman Balkon suite di Royal Savoy menyuguhkan panorama kota yang ditaburi bangunan berfasad klasik. Busana oleh Farah Khan. Kiri: Cathedral of Notre Dame, rumah ibadah sekaligus ikon kota Lausanne yang bersemayam di kawasan Kota Tua. Busana dan aksesori oleh Fendi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.