Krakatau Ekspres

DestinAsian Indonesia - - LANDMARK -

(kereta-api.co.id) saat ini merupakan kereta dengan rute terpanjang di Indonesia. Kereta yang diluncurkan pada 2013 ini melayani trayek Kediri-Merak, pulangpergi. Ia melintasi enam provinsi dan singgah di 18 stasiun di Pulau Jawa, dengan durasi tempuh total antara 18 hingga 19 jam. Krakatau Ekspres berangkat saban pagi dari Stasiun Merak dan Kediri. Harga tiketnya berkisar Rp285.000300.000, satu arah, tergantung dari kelas gerbong yang dipilih. ini kembali ke Ibu Kota. Setiap kali mudik, mereka selalu menggunakan kereta. “Lebih cepat!” Abu beralasan. Kakaknya yang mudik dengan mengendarai mobil, tertahan dalam macet gila-gilaan di Brebes. “Baru nyampe rumah setelah dua hari di jalan.” Di antara jalur darat yang merisaukan dan pesawat yang belum menggapai semua kota sekunder, kereta adalah moda alternatif yang reliabel.

Mata saya menatap Tupperware berwarnawarni. Leni bergerak gesit membuka wadahwadah di hadapannya. Ternyata isinya bekal makanan yang belum sempat mereka santap. Leni mempersilakan saya mencicipinya. “Sekarang kereta sudah enak, semua penumpang dapat tempat duduk,” kata Abu lagi, “tapi sayangnya enggak ada lagi penjual snack.”

Dulu, penumpang bisa menebak akurat lokasi stasiun berdasarkan profil pedagang asongannya. Setiap kota memiliki oleh-oleh dan jajanan khasnya. Satu yang paling unik tersaji saat menaiki kereta dari Surabaya menuju wilayah Tapal Kuda dan singgah di Stasiun Klakah, Lumajang. Di sini, selain buahbuahan, para pedagang menjajakan berbagai jenis hewan, sebut saja kupu-kupu, luwak, kelelawar, landak, bahkan kucing hutan.

Pemandangan semacam itu adalah bagian dari pengalaman yang membedakan kereta dari moda transportasi lainnya. Mungkin bisa disejajarkan dengan kekacauan romantis yang berserakan dalam jurnal Paul Theroux saat melintas negeri-negeri di Asia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.