PUBLISHER’S NOTE

DestinAsian Indonesia - - DEPARTMENTS -

Mungkin benar, ada hikmah di balik setiap bencana.

Labilnya harga minyak dunia telah memukul perekonomian banyak negara produsen minyak hingga mereka pun terdorong untuk menggali sumber-sumber kas alternatif. Salah satu jawabannya ialah mendirikan kotakota baru yang mentereng. Agenda utamanya tentu saja menggoda investor untuk datang dan membuka bisnis.

Baku dan Astana adalah buah dari megaproyek itu. Baku, metropolis di tepi Laut Kaspia, seolah lahir dari lompatan kuantum. Mengandalkan petrodollar, Ibu Kota Azerbaijan ini giat mengerek bangunan-bangunan spektakuler dan menggelar beragam pergelaran internasional, termasuk ajang balap Formula 1. Modus serupa dipraktikkan oleh Astana. Ditaburi gedung modern yang menjulang di tengah padang rumput mahaluas, Ibu Kota Kazakhstan ini menyerupai permukiman manusia di Mars. Sejumlah media pun menjulukinya kota yang paling ajaib dan aneh di dunia.

Baku dan Astana memperlihatkan betapa perubahan kerap lahir dari situasi genting. Dalam konteks yang berbeda, kondisi itu juga terlihat di Langkawi. Akibat manajemen lingkungannya yang kendur, situs Geopark pertama di Asia Tenggara ini diganjar kartu kuning oleh UNESCO. Tapi berkat peringatan itu pula para pemangku kepentingan lokal tergerak untuk berbenah, salah satunya dengan menerapkan regulasi wisata yang lebih ketat. Langkawi menyimpan pelajaran penting bagi Geopark di Indonesia tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara wisata dan konservasi.

Selain menyoroti fenomena kontemporer, edisi ini mengulas satu tema klasik yang telah lama menjadi pertanyaan banyak orang: bagaimana Ambon melahirkan begitu banyak penyanyi? Kita tahu, banyak biduan bersuara emas memiliki darah Ambon, sebut saja Daniel Sahuleka, Ruth Sahanaya, serta Monita Tahalea. Apa penyebabnya? Faktor genetik atau kultural? Pertanyaan menggelitik inilah yang kami coba jawab.

publisher@destinasian.co.id @ronaldliem @DestinAsian

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.