PANDUAN

DestinAsian Indonesia - - LANDMARK -

Rute

Kawasan perbukitan karst SangkulirangMangkalihat melintang di dua kabupaten yang bertetangga di Kalimantan Timur: Berau dan Kutai Timur. Gua-gua prasejarah di sini tersebar di dua zona utama: Sangkulirang dan Merabu. Sangkulirang bisa dijangkau dari Kota Samarinda dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam. Opsi yang lebih dekat, Merabu, berjarak hanya empat jam dari Tanjung Redeb, Ibu Kota Berau. Untuk menjangkau Merabu, kita akan melalui jalan aspal sepanjang 90 kilometer menuju Jembatan Muara Lesan, kemudian berbelok kiri memasuki jalan milik perusahaan kayu sejauh 30 kilometer. Penting diingat, tidak ada moda transportasi umum menuju SangkulirangMangkalihat. Karena medan cukup berat, sebaiknya gunakan kendaraan jenis 4WD atau sepeda motor trail. Berhubung warung makan sulit ditemukan, siapkan pula ransum yang memadai. Penerbangan ke Berau hanya dilayani oleh dua maskapai, yakni Garuda Indonesia (garudaindonesia.com) dan Sriwijaya Air (sriwijaya air.co.id).

Penginapan

Kecuali beberapa homestay yang sedang dikerek, Desa Merabu tidak memiliki hotel. Untuk sementara kita hanya bisa menginap di rumah warga atau perpustakaan desa. Dalam pendakian ke perbukitan karst, kita perlu menginap di perjalanan, jadi bawalah tenda. Salah satu lokasi fotogenik untuk kamping adalah tepian Danau Nyadeng. Di kota Tanjung Redeb, titik tolak ekspedisi ke Merabu, terdapat beberapa hotel, contohnya Grand Parama (Jl. Pemuda; 0554/2021333; grandparama.com; mulai dari Rp640.000) dan Bumi Segah (Jl. Pulau Sambit 747; 08115833-727; bumisegah. com; mulai dari Rp800.000).

Aktivitas

Susur sungai, trekking, dan mendaki bukit karst adalah aktivitas utama di kawasan SangkulirangMangkalihat. Dalam perjalanan ke sana, jika beruntung, kita akan menyaksikan satwa ikonis burung enggang dan kawanan bekantan. Kawasan perbukitan karst ini mengoleksi 35 gua berisi lukisan purba dan artefak, contohnya Gua Bloyot dan Ceruk Senen. Bekali diri dengan perlengkapan caving yang mumpuni jika ingin menembus gua-gua tersebut. Bagi mereka yang menyukai jungle trek, ikuti jalur menuju Danau Tebo yang berada di perbatasan Berau dan Kutai Timur. Membaur dengan kehidupan masyarakat Dayak Lebok di Desa Merabu juga menarik dilakukan. Paket perjalanan di Merabu telah diatur rapi oleh peraturan desa dengan tarif yang baku. Anda cukup menyiapkan tips bagi pemandu. Untuk informasi lain seputar Merabu, klik merabu. desa.id, atau hubungi

Franly, kepala kampung Merabu (0812-1518-0772) atau Ganesha, sukarelawan di Merabu (08235089-2110).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.