PUBLISHER’S NOTE

DestinAsian Indonesia - - DEPARTMENTS - Publisher@destinasian.co.id

Banyak turis menginginkan destinasi yang diinginkan turis lain. Sindrom “fear of missing out” memang menggejala pula di dunia wisata. Tapi ada kalanya kita perlu berjarak dari kerumunan. Ada kalanya liburan berarti menikmati privasi dan intimasi, menjauhkan internet dan televisi, menyaksikan bintang yang bersinar lebih terang, melewati waktu bersama sepi dan diri sendiri. Kesempatan itulah yang coba ditawarkan oleh edisi ini melalui artikel utama bertema delapan resor terpencil di delapan kabupaten di Indonesia. Secara bertahap selama tiga tahun, penulis kami mengunjungi, mengetes, dan mengulas resor-resor yang menyempil di lokasi yang eksotis dan menyempal dari sirkuit utama turis.

Edisi ini juga berniat memperkaya wawasan kita melalui cerita unik tentang Normandy. Kita mungkin pernah mendengar namanya lewat film laga semacam Saving Private Ryan atau Band of Brothers. Pada masa Perang Dunia II, Normandy merupakan salah satu medan pertempuran terganas. Tapi masa lalu itu tak lantas dilupakan. Alih-alih, kawasan di sisi barat laut Prancis ini menyulap sejarah perang sebagai magnet wisata yang rutin mendulang jutaan turis tiap tahunnya. Kisah Normandy menyimpan pelajaran menarik bagi kota-kota di Indonesia, termasuk Surabaya yang tiap 10 November menjadi pusat perayaan Hari Pahlawan.

Cerita yang juga unik dihadirkan oleh Amsterdam, salah satu kota favorit saya. Dalam beberapa tahun terakhir, Ibu Kota Belanda ini giat meluncurkan atraksi wisata baru dan hotel baru. Tapi perubahan terbesar darinya adalah citranya. Berniat tampil lebih berbudaya dan bermartabat, Amsterdam meluncurkan serangkaian inisiatif berani dan mahal untuk merenovasi sejumlah rumah kanal dan museum, menutup banyak rumah bordil, serta merelokasi kedai-kedai ganja. Kota ini sekarang tak ingin menjadi latar pesta semata. Selamat Natal dan Tahun Baru. @ronaldliem @DestinAsian

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.