PANDUAN

DestinAsian Indonesia - - RETROSPECT -

Rute

Bandara Sultan Babullah di Ternate dilayani antara lain oleh Garuda Indonesia (garudaindonesia.com) dan Batik Air (batikair.com). Akibat kerap terganggu aktivitas vulkanis Gunung Gamalama, bandara ini kelak digantikan perannya sebagai gerbang udara utama Maluku Utara oleh Bandara Sultan Nuku di Kota Sofifi. Maluku Utara terpecah dalam 805 pulau di mana 82 di antaranya berpenghuni. Perahu merupakan transportasi utama yang menghubungkan pulaupulau yang berserakan di antara Laut Seram dan Laut Halmahera ini.

Penginapan

Ternate dan Tidore adalah nama kota yang juga nama pulau. Ternate, bekas Ibu Kota Maluku Utara, mengoleksi cukup banyak hotel, salah satunya Grand Dafam Bela Ternate (Jl. Jati Raya 500, Ternate Selatan, 0921/3121-800; dafam hotels.com; mulai dari

Rp850.000) yang menyuguhkan panorama Pulau Tidore dan Pulau Maitara yang pernah terpampang dalam lembaran seribu rupiah. Di Tidore, opsi penginapan terbatas dan umumnya terkonsentrasi di belahan timur pulau, salah satunya Seroja (Jl. Sultan Syafuddin 5, Soajawa; 0813-4263-3390; mulai dari Rp300.000).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.