FASHION IS KNOWING HOW TO CHOOSE YOUR STYLE.”

Esquire (Indonesia) - - Before We Salam Begin -

Anda pernah melihat seorang direktur atau manajer yang penampilannya tidak sesuai ekspektasi jabatannya? Anda pernah salah sangka pada tampilan necis seorang pegawai rendahan sehingga menyangka jabatannya tinggi?

Jika kita sesekali melihat sinetron atau FTV seringkali itu semua menjadi gimmick cerita yang mengharu-biru atau menjadi sumber kisah lucu. Biasanya film pendek yang ada diberi judul yang memang sudah mendukung situasi, misalnya Satpamku Seorang Direktur atau Pacarku adalah Sopirku. Semacam itulah. Saya jarang menonton FTV.

Ujung-ujungnya, semua berbicara soal penampilan. Kita semua sudah hapal bahwa seseorang dinilai pertama kali dari tampilannya. Ini yang bisa kita jadikan trik untuk “mengubah” jati diri kita dari luar jika kita mau. Anda mau layaknya domba berbulu musang atau ayam berbaju rajawali? Di sinilah saya kira fashion bisa hadir, tentunya dalam konteks ini, untuk tujuan positif. Fashion, memang tak hanya ada untuk menunjukkan kepribadian kita atau siapa diri kita tetapi fashion juga bisa dihadirkan sebaliknya untuk tidak menunjukkan siapa kita. Coba perhatikan beberapa tersangka koruptor atau bahkan mungkin terdakwa pembunuh yang sering hadir di sidang dengan wajah bersih bercukur, kemeja putih lengan panjang, dan peci hitam. Alangkah terlihat alim dan polosnya mereka. Ini tentu akan lebih mengundang simpati ketimbang mereka memakai kemeja hitam dengan lengan digulung berkalung rantai emas. Dibandingkan kaum perempuan, fashion di kalangan pria masih belum banyak dieksplorasi. Apalagi untuk mengubah penampilan. Siapa di antara Anda yang pernah tertipu kencan semalam karena terpesona kecantikan gadis di bar namun bangun dan terkejut melihat tampilan asli gadis itu di pagi harinya? Itulah fashion. Sementara, belum banyak pria yang mau mengubah penampilan. Coba, kapan Anda terakhir kali berganti gaya rambut? Barangkali ada di antara Anda yang sejak lahir juga belahan rambutnya sama. Kenapa tak mau mengubah penampilan?

Rasanya sudah mulai saatnya kita, para pria, maju selangkah atau beberapa langkah untuk meng-upgrade penampilan kita agar tampak lebih meyakinkan, berwibawa, atau apa pun target Anda. Fashion akan membantu kita untuk tampil sesuai maksud dan tujuan Anda. Saat ini, besok, lusa? Tidak harus selalu sama. Fashion is knowing how to choose your style.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.