Penunjang Pintar

MERAIH UNTUNG VIA APLIKASI.

Esquire (Indonesia) - - Man At His Best -

Tidak ada waktu spesifik untuk kemacetan di Jakarta. Pagi, siang, dan malam adalah arena dramatis berkendara mobil dan motor. Alasan ini semakin muncul karena kenaikan jumlah pemilik kendaraan yang tidak setara dengan pertumbuhan jalan. Namun kota yang sibuk dan pintar ini mengupayakan berbagai cara untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam menggunakan jalannya.

Inovasi transporasi berbasis aplikasi seperti Go-jek atau Grab Taxi bermunculan untuk memanfaatkan peluang kebutuhan transportasi yang cepat dan efisien. Hal ini terutama untuk pengguna transportasi non pribadi (menggunakan kata “umum” sepertinya kurang bijak, mengingat transportasi tersebut tidak digunakan bersama khalayak ramai). Pengguna tak hanya bisa memesan dan menggunakan transportasi non pribadi dengan mudah, namun juga mendapat harga yang kompetitif. Sementara itu pengemudi kendaraan non pribadi seperti taksi dan ojek juga mendapat keuntungan karena lebih mudah mendapatkan penumpang.

Aplikasi semacam ini dapat menginspirasi starter-up untuk menjalani bisnis serupa yang menguntungkan bagi semua orang. Berikut beberapa poin dari Sudianto Oei, CEO dari Hypernet, perusahaan penyedia jaringan internet mengenai langkahlangkah yang diperlukan bagi starter-up di bidang internet: Setelah itu, buat rancangan solusi yang akan dimasukkan dalam strategi bisnis. Bangunlah segera tim pemasaran dan operasional. Jika membutuhkan modal awal dan biaya pengembangan jangka panjang maka seorang investor adalah salah satu solusinya. Umumnya, modal ini berkisar di bawah Rp 500 juta yang akan digunakan untuk jangka waktu 1 sampai 2 tahun ke depan. Keuntungan tidak akan didapat pada tahun pertama karena penyusunan tim dan pengembangan produk baru dijalankan. Pada tahun kedua, besarnya keuntungan tergantung dengan nilai jual produk dan jumlah pelanggan.

Sesuaikan pengembangan produk dengan kebutuhan dan minat pasar. Tim yang solid dengan pelayanan yang memuaskan harus dibangun untuk membedakan produk yang Anda miliki dengan kompetitor dari luar ataupun lokal.

“Sukses bermulai dari satu kegagalan ke kegagalan lainnya tanpa kehilangan semangat.”–winston Churchill, tokoh politik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.