REAL MEN'S DESIRE

UJI KETANGKASAN DI MEDAN EKSTREM

Esquire (Indonesia) - - Experience -

Banyak anggapan yang menyebutkan untuk mengukur tingkat kejantanan atau keberanian seorang pria adalah ketika dia berkendara. Dalam hal ini, kesan jantan bisa muncul dari sikap pria yang suka memacu adrenalin dalam menaklukan tantangan terhadap kondisi jalan. Tidak heran jika kita melihat banyak pria sejati yang gemar melakukan berkendara off-road di medan menantang. Sebagai majalah gaya hidup pria, Esquire pun tidak mau ketinggalan untuk unjuk gigi dalam dunia otomotif. Akhir Juli lalu, kami mendapat kesempatan untuk mencoba berkendara dari lansiran terbaru Ford yang bertajuk New Everest di Chiang Rai, Thailand.

Mobil SUV berkapasitas 7 penumpang yang dikabarkan akan mendobrak pasar Asia Pasifik termasuk Indonesia ini berhasil memukau para pemicu adrenalin atas performanya di medan yang ekstrem. Bersama dengan awak media lain, kami diajak menjajal ketangguhan New Everest di berbagai kondisi jalan. Mulai dari berkendara on-road hingga off-road di medan hutan dan perbukitan di sekitaran Chiang Rai. Acara berkendara berlangsung di mana Ford menawarkan 2 tipe pilihan dari seri New Everest. Saat sesi berkendara pertama, kami merasakan New Everest tipe 4.x 2 bermesin 2.2L Duratoq four-cylinder TDCI diesel engine. Tipe ini memberikan kenyamanan dari mesin dieselnya yang halus saat dipacu secara konvoi di medan on-road. Infrastruktur jalan Chiang Rai yang baik dan mendukung membuat kami dapat memacu kecepatan hingga 120km/jam dengan kendali yang aman.

Setelah menempuh jarak sekitar 30km lebih, rombongan konvoi yang terdiri 15 unit New Everest mengakhiri sesi pertama. Pada sesi selanjutnya pengemudi saling bergantian untuk bertukar mobil. Beberapa pengemudi ada yang mendapatkan kesempatan mencoba New Everest tipe 4x4. Berada di kawasan hutan dan perbukitan, kami istirahat sejanak dan bersiap untuk menguji ketangkasan New Everest di medan yang lebih ekstrem. Diawali memasuki kawasan dengan bentangan sawah luas, para pengendara disambut oleh anak sungai yang harus dilewati dengan kedalaman sekitar 3040cm. Ketangguhan mobil ditunjukkan dengan teknologi yang dihadirkan dengan menggeser salah satu tombol yang ada di bawah dashboard yaitu fitur ‘Rock’ atau batu agar mobil bisa menyesuaikan perrformanya di dalam air yang berbatu. Tanpa ada halangan yang berarti dan tetap aman tanpa adanya air yang masuk ke dalam kabin. Karena SUV ini memiliki ground clearance 225mm, kemampuan melewati genangan air hingga ketinggian 800mm, dengan sudut jangkau 29 derajat dan sudut departure 25 derajat.

Selain melewati sungai yang berbatu, kami dihadapkan pada kondisi jalan becek dan berlumpur akibat hujan. Ford membekali fitur Hill Descent Assist untuk melewati turunan tajam yang memungkinkan pengedara dengan mudah mengatur kecepatan kendaraan saat turun tanpa khawatir kendaraan hilang kendali. Kami juga ditantang untuk mencoba melewati jalan berbatu dan mencoba kembali fitur yang ada dalam mobil tersebut yaitu Torque on Demand via Active Transfer Case. Fitur ini memaksimalkan performa melalui pengaturan torsi ke bagian semua roda agar mendapatkan grip dan traksi yang lebih baik. Usai menaklukan medan yang ekstrem, kami kembali ke hotel dengan mencoba New Everest dengan tipe awal dengan menjajal kembali medan on-road sepanjang perjalanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.