THE PRIDE OF CAR’S CLUB

INVASI PENCINTA MOBIL JERMAN.

Esquire (Indonesia) - - Check-out Komunitas -

Sudah menjadi hal lumrah bila seorang pria yang menyukai bidang otomotif melibatkan dirinya dalam sebuah perkumpulan yang memiliki visi sejalan. Bukan hanya sebagai sarana untuk menunjukkan kesukaannya terhadap satu hal, namun dapat menjadi wadah berbagi pengetahuan terhadap sesama rekan anggota untuk meningkatkan wawasannya. Seperti yang ditunjukkan oleh para pencinta mobil BMW di tanah air, mereka kerap kali melakukan pertemuan sesama pemilik mobil dengan brand yang sama. Dari semua bidang otomotif khususnya mobil, BMW adalah salah satu brand yang paling digemari para pria. Sebagai pengingat, jumlah pemilik mobil dengan brand asal Jerman ini kian meningkat setiap tahunnya dan berhasil menduduki peringkat yang cukup memuaskan di pasar otomotif. Melihat banyaknya pemilik mobil ini, tidak heran jika mereka kerap melakukan berbagai aktivitas bersamasama. Para anggota pencinta mobil BMW menamai perkumpulan ini dengan sebutan BMW Car Club Indonesia (BMWCCI). “Ide awalnya memang sebagai ajang kumpulkumpul dan sharing informasi seputar kendaraan BMW. Meskipun begitu, sejak awal klub ini sudah diarahkan untuk memiliki format administratif yang jelas dan baku, sesuai dengan format yang ditetapkan untuk menjadi bagian dari International Council of BMW Clubs”, ujar Gerry Nasution selaku founder BMW Car Club Indonesia.

Perkumpulan ini berdiri pada 24 Mei 2003 di Jakarta dengan anggota sebanyak 40 orang. Kemudian pada 2008 BMWCCI mendapat pengakuan resmi sebagai satunya BMW Official Club di wilayah Republik Indonesia dan berubah statusnya dari klub dengan anggota individu menjadi National Umbrella Club. BMWCCI adalah sebagai payung berbagai klub BMW resmi lainnya di wilayah Republik Indonesia. Dalam hal ini, BMWCCI menginduk ke BMW Clubs Asia sebagai payung regional dari seluruh club BMW yang berada di Asia. Hingga tahun ini BMWCCI telah memiliki 21 chapter yang tersebar dari Banda Aceh hingga ke Makassar dan Lombok, serta memiliki dua register yang memiliki cakupan wilayah nasional. Sehingga total memiliki 23 klub anggota di bawah BMWCCI.

Sebagai perkumpulan dengan sistem keanggotaan yang sudah terorganisir dengan baik, terdapat serangkaian persyaratan untuk dapat bergabung dengan BMWCCI. Calon anggota harus terlebih dahulu memulai tahap mengajukan permohonan resmi untuk bergabung, memasuki masa transisi dan evaluasi kurang lebih selama 3 bulan, membayar beaya administrasi bergabungnya sebagai anggota, hingga membuat pernyataan bahwa akan mematuhi Undang-undang dan peraturan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia, Anggaran Dasar BMWCCI beserta BMW Clubs International Guidelines dan BMW Identity Guidelines. BMWCCI memiliki kegiatan rutin tahunan bernama Indonesian Bimmerfest yang merupakan ajang berskala Nasional untuk seluruh anggota dan non-anggota. Ada juga acara tahunan yang bernama Annual General Meeting yang merupakan rapat besar tahunan bagi seluruh anggota dan perwakilan dari BMWCC. Selain itu, masingmasing chapter dan register memiliki agenda tahunan tersendiri. Kegiatan lebih dipusatkan pada kegiatan olah raga, bakti sosial, sharing dan bertukar informasi. Segala penggunaan atribut club yang telah sesuai dengan guidelines yang ditentukan akan memiliki kekuatan hukum. BMWCCI juga merupakan bagian dari struktur jaringan organisasi BMW Club dunia yang berafiliasi dengan ratusan Club BMW lainnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.