WUJUD KEPEDULIAN

PARTISIPASI AKTIF UNTUK MENYELAMATKAN WARISAN DUNIA.

Esquire (Indonesia) - - Check-out Experience -

Peninggalan sejarah yang umurnya sudah sangat tua dan rentan terhadap kerusakan memang harus mendapatkan perhatian khusus. Sayangnya, hingga sekarang pun masih banyak warisan budaya di tanah air yang menjadi terbengkalai dan terlupakan. Inilah bukti dari pengalaman yang saya alami ketika mengikuti perjalanan yang digagas oleh Kiehl’s pada awal Agustus lalu. Dengan mengusung tema “Heritage Campaign”, Kiehl’s menggelar rangkaian acara yang bertujuan untuk menyelamatkan salah satu cagar budaya asli Indonesia yang sekaligus sudah diakui sebagai warisan dunia, Candi Borobudur. Acara berlangsung selama dua hari, didukung oleh UNESCO dan Mabua Harley-davidson.

Kampanye tersebut dilakukan sejak Mei lalu dengan mendaulat empat figur yang sudah dikenal di masyarakat, yaitu Ari Wibowo, Prisia Nasution, Lala Karmela dan Keenan Pearce, untuk membangkitkan kesadaran tentang program ini. Di sana, saya melihat sendiri pembinaan yang diselenggarakan oleh UNESCO untuk masyarakat di lingkungan sekitar candi Borobudur. Pengembangan potensi lokal itu di antaranya dengan mengajarkan workshop keramik lokal, batik bermotif relief candi, wisata kuliner dan kesenian daerah. Selain itu, saya dan peserta acara lainnya juga terjun langsung untuk membersihkan dindingdinding candi dari lumut yang bersarang di permukaannya dengan pengawasan Balai Konservasi Borobudur.

Acara puncak ditutup dengan pemberian donasi dari Kiehl’s kepada UNESCO yang diwakili oleh Bernards Allen selaku Kepala Unit Budaya UNESCO Jakarta bertempat di Galeri Komunitas. “Kami ingin mengungkapkan rasa apresiasi untuk inisiatifnya dalam menggalang dukungan terhadap pelestarian budaya. Ini sebuah kampanye yang bagus karena mengajak publik dan dan konsumen setianya untuk melakukan berkontribusi terhadap pelestarian salah satu candi kebanggaan Indonesia,” ujar Allen. Di akhir acara, sembari menikmati udara dan pemandangan di sekitar Borobudur, Saya dan para peserta lain disuguhi tarian tradisional dan lantunan gamelan jawa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.