A SYMBOL COULD HOLD MORE POWER THAN THE THING IT REPRESENTS.”

Esquire (Indonesia) - - Salam -

Kejadian beberapa detik, efeknya bisa berharihari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan barangkali malah tercatat dalam sejarah. Saya berbicara soal tampilan di Youtube ketika capres Amerika Serikat Donald Trump memperkenalkan Ketua DPR Setyo Novanto saat kampanye beberapa waktu lalu. Tayangan itu membuat kritik dan gunjingan rakyat Indonesia mengalir seperti air hujan di bulan Desember.

Keduanya bisa jadi berteman. Bukankah pertemanan antara sesama profesi biasa terjadi? Desainer berteman dengan desainer, pengusaha berteman dengan pengusaha, make-up artist berteman (barangkali juga berbinis) dengan artis. Apa salahnya politisi (dan pengusaha) berteman dengan politisi (yang juga pengusaha)?

Yang kadang sering terlupakan adalah hadirnya simbol yang melekat pada sesuatu. Di dunia ini banyak simbol yang muncul dari banyak hal. Dan hal itu entah disadari atau tidak, mampu membuat cara pandang terhadap sesuatu juga berbeda.

Saya yakin Donald Trump tahu benar bahwa temannya, Setyo Novanto, adalah simbol yang bisa mewakili rakyat Indonesia. Karena itulah dia sengaja mengundangnya ke panggung dan memperkenalkannya pada para pendukungnya. Itu pun masih diembel-embeli pertanyaan, “Apakah warga Indonesia menyukai saya?”

Saya tidak mau menghakimi salah benarnya Setyo Novanto. Pertanyaannya adalah, seandainya Anda yang menjadi Setyo Novanto, simbol ratusan juta rakyat Indonesia yang juga orang timur berbudaya dan berdiri di sana, di samping calon presiden negara adikuasa, apa yang akan Anda katakan?

Silakan jadikan pertanyaan ini latihan untuk diri Anda. Bukankah Anda, diri kita, juga menyimbolkan sesuatu?

Silakan juga Anda renungkan sendiri jawaban Anda karena saya lebih suka mengajak Anda bertualang dengan simbol lain di salah satu artikel di edisi ini. Simbol kegagahan pria, kemewahan, bahkan kepribadian: mobil.

“A symbol could hold more power than the thing it represents.’’

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.