TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Pendekatan Masyarakat Untuk Kepentingan Bersama.

Esquire (Indonesia) - - Man At His Best -

Bicara soal perusahaan besar, erat kaitannya dengan istilah Corporate Social Responsibilty (CSR). Ini adalah bentuk kontribusi perusahaan demi keberlangsungan kehidupan masyarakat di sekitarnya secara ekonomi, pendidikan, dan lingkungan sosial. Dengan bahasa literalnya, sarana ini merupakan komitmen dari bisnis untuk andil bagi pengembangan ekonomi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup agar berdampak baik bagi bisnis tersebut dan juga kehidupan sosial sekitarnya.

Seperti yang kita tahu selama ini, salah satu perusahaan kawakan yang memiliki reputasi baik dalam dunia CSR adalah Microsoft. Dia membuktikan telah melakukan sinergi yang baik dengan masyarakat sekitar atau memiliki tanggang jawab sosial perusahaan. Salah satu contohnya, Microsoft berupaya menekan angka emisi karbonnya sebanyak 30% pada tahun 2012. Dia pun menggunakan transportasi transportasi perusahaan dengan mengandalkan Shuttle Connect yang dioperasikan untuk mengangkut orang-orang menggunakan mobil hibrida untuk menghemat bahan bakar.

Lea Indra sebagai Communications Director Ford Motor Indonesia bergelut di bidang CSR untuk mengedukasi masyarakat berkendara aman dan menggunakan bahan bakar secara hemat dalam programnya bertajuk Ford Driving Skills for Life. “Apabila penduduk atau masyarakat di tempat kita beroperasi, semakin sehat, sejahtera secara ekonomi, cerdas secara pendidikan, atau semakin sadar akan pentingnya berkendara. Ini merupakan satu faktor pendukung dari suatu bisnis itu sendiri. Bisnis itu tidak hanya medium yang mendatangkan uang atau making profit atau bahkan hanya menjual produk. Tetapi, bisnis itu adalah bagaimana memberikan kontribusi pada

“Orang sukses memiliki tanggung jawab sosial

mentransformasi dunia menjadi tempat yang lebih baik. Tidak saja, merebut darinya.” - Carrie Underwood,

penyanyi.

kesejahteraan rakyat lebih banyak, sama seperti yang dikatakan Henri Ford”.

Salah satu quote yang kerap diucapkan tokoh otomotif, Henry Ford, yaitu Opening the Highways To All Mankind. Kalimat ini menginterpretasikan arti sebagai cara atau jalan untuk mengkoneksikan perusahaan demi kesejahteraan umat manusia. Kesediaan Henry Ford dalam berbagi informasi kepada semua orang akan menularkan suatu budaya kerja yang secara inovatif akan mengembangkan produknya sebagai produk masa. Dengan kata lain, dia membuka peluang kerja bagi masyarakat banyak dengan pembayaran yang tinggi. Semua ikut sejahtera.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.