KERETA CEPAT UNTUK INDONESIA?

Pemerintah menyatakan tengah menyiapkan pengembangan kereta cepat di Pulau Jawa. Namun, masih menjadi kontroversi.

Esquire (Indonesia) - - Isu -

Pemerintah akan mengumumkan hasil uji proposal pembangunan proyek kereta cepat Jakartasurabaya milik Jepang dan Tiongkok dalam waktu dekat. Nilainya fantastis, nyaris Rp 100 triliun rupiah. Apakah proyek ini akan terealisasi?

Jepang, salah satu negara dengan investasi terbesar di Indonesia, seolah ditakdirkan untuk membangun kereta cepat yang rencananya akan menghubungkan Jakarta dengan Bandung, Surabaya. Bahkan Tiongkok pun ikut meramaikan persaingan.

Pada April 2015, aksi Jokowi saat mengunjungi Tokyo dan Beijing membuat persaingan di antara kedua negara kian memanas. Di ibu kota Jepang dan Tiongkok, Jokowi menaiki kereta cepat yang ada di sana dan kepada media memaparkan visinya untuk membangun infrastruktur sejenis. Pemerintah Jepang dan Tiongkok segera memanfaatkan kesempatan ini. Sejak April, mereka mengirimkan para diplomat untuk melobi Pemerintah Indonesia. Mereka berharap, pengusaha dari negaranya yang akan dipilih melaksanakan proyek kereta cepat Jakarta-bandung meskipun proposal pertama mereka ditolak Jokowi. Negara-negara yang membangun kereta berkecepatan tinggi biasanya ingin menunjukkan bahwa mereka sudah beralih dari negara pertanian menuju ke negara yang menawarkan layanan jasa sehingga bisa diandalkan. Inilah alasan Jepang, Tiongkok, Korea, dan Taiwan berinvestasi membangun kereta-kereta kecepatan tinggi.

Sementara itu, di Indonesia, keputusan pembangunan kereta cepat masih menjadi tanda tanya, apakah investasi tersebut efektif atau tidak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.