ESQ&A

Andezzz

Esquire (Indonesia) - - Daftar Isi -

APA KESIBUKAN ANDA SAAT INI?

Saat ini saya sudah memiliki label rekaman sendiri, dan sedang mempersiapkan album baru. Di samping sibuk sebagai music director di Cloud Lounge, Jakarta, saya juga memiliki acara radio streaming sendiri dengan nama Jakarta Innercity Groove yang berbasis di London setiap minggunya.

BAGAIMANA ANDA PERTAMA KALI BISA BERKECIMPUNG SEBAGAI SEORANG DJ?

Dengan latar belakang pendidikan yang saya tekuni di International College of Music di Kuala Lumpur dan Berklee College of Music di Boston, Amerika, saya menjadi aktif sebagai pemain bass dalam sebuah band. Setelah itu saya sempat pindah ke New York, dari situlah saya mengenal dugem dan menyukai dance music. Kemudian saat kembali ke Jakarta, saya memutuskan untuk menekuni dance music bersama SOVA pada tahun 2003.

MENURUT ANDA, KRITERIA SEPERTI APA YANG HARUS DIMILIKI SEORANG DJ?

Yang pasti seorang DJ harus memiliki sense of music yang bagus dan berkualitas. Dan yang tidak kalah penting, seorang DJ harus memiliki karya sendiri, bukan hanya memainkan atau mengandalkan lagu musisi atau DJ lain. Seorang DJ juga harus bisa membuat penonton atau pengunjung menikmati aksinya.

DI ERA DANCE MUSIC YANG SEMAKIN MENCUAT SEKARANG, APA TANTANGAN YANG ANDA HADAPI?

Di Jakarta sendiri sudah banyak sekali DJ, namun tidak banyak dari mereka yang benar-benar bisa nge-dj. Banyak yang hanya mengandalkan kecanggihan teknologi dengan mengoperasikan musik secara otomatis. Menurut saya, tantangan seorang DJ adalah membuat karya dan tidak hanya memainkan musik karya orang lain.

SEJAUH INI SUDAH BERAPA KARYA YANG ANDA CIPTAKAN?

Sudah banyak, untuk saya sendiri sudah ada 3 album. Kalau bersama SOVA sudah ada 2 album. Selain itu masih banyak single lainnya.

APA PENCAPAIAN TERBESAR YANG DIRASAKAN?

Mendapat kesempatan beraksi di beberapa festival musik yang terbilang besar seperti Djakarta Warehouse Project dan Java Jazz Festival. Selain itu pernah mengisi beberapa acara in-house di negara-negara lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.