Kata Mereka

Esquire (Indonesia) - - Isu -

“Kita di sini posisinya bukan hanya untuk menyuarakan, tetapi kami juga ini pernah menjadi korban, lho. Karena kita dari pekanbaru, Riau, sejak SD kami sudah ngerasain yang namanya asap. Kita sekolah, belajarnya pakai masker.” – Momo (Vokalis grup band geisha), via kompas.com.

“Saya orang Sumatera, di tengah masyarakat memang ada budaya yang mengatakan kalau tanah ingin subur, maka lahannya harus dibakar dulu sebelum ditanami. Nah, itu harus dihilangkan. perspektif seperti itu harus diubah.” – Tantowi Yahya (politikus partai golkar), via okezone.com.

“Sebenarnya kejadian itu (kabut asap) adalah tragedi, bukan bencana. api yang menimbulkan kabut asap memang merugikan, namun secara bersamaan juga menguntungkan banyak orang.” – Herry Purnomo (peneliti di Center for International Forestry Research – CIFOR), republika.co.id. via

“Dari perdebatan selama ini, ada (dorongan menjadikan bencana nasional). Tapi kami tidak melihat ini sebagai bencana, meskipun ada el nino. Tapi ini adalah hasil perilaku manusia, bukan alam.” – Rasio Ridho Sani (Direktur Jenderal penegakan Hukum Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan), via metrotvnews.com.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.