INTERPRETASI KARYA SINEMA

Esquire (Indonesia) - - Reportase -

Meskipun tidak menggambarkan realita secara utuh, setidaknya tiga film ini bisa membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran tentang aktivitas

hacker. Seorang hacker profesional dijanjikan pengurangan hukuman penjara yang menderanya jika bisa membantu FBI menumpas aksi terorisme internasional. Penggambaran citra hacker di film ini penuh romantisasi yang berlebihan. Tapi ada salah satu kalimat menarik yang terdengar dari pemerannya di film ini, “Remember, hacking is more than just a crime. It’s a survival trait.” Berkat kemampuan yang dimilikinya, seorang hacker bisa menjadi pahlawan dengan mencegah terjadinya Perang Dunia III dan berhasil memenangkan hati seorang wanita. tentang komunitas hacker ini, kami bertemu dengan Muhammad Pailus, yang merupakan salah satu trainer dari Xcode Community. Komunitas ini dibentuk pada 2004, atas prakarsa sang ketua yang bernama Kurniawan. Hingga saat ini, Xcode telah memiliki sekitar 100.000 anggota di forum internet, dan 54.000 anggota di grup Facebook. “Komunitas ini merupakan wadah bagi teman-teman yang tertarik dunia hacking dan juga menjadi forum untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman,” ujar Pailus sedikit bercerita tentang tujuan dari komunitas tempatnya bernaung. “Anggota biasanya bergabung atas kemauan sendiri, tanpa direkrut oleh kami atau direkomendasikan oleh kawannya yang lain. Komunitas ini tidak pernah melakukan promosi sama sekali,” tambahnya kemudian.

Ada dua jenis kegiatan yang dilakukan komunitas ini bersama para anggotanya. Yang pertama, program Xcode Community, meliputi berbagai kegiatan gathering, atau sekadar berbagai pengetahuan di forum. Yang kedua, program Xcode Professional, aktivitas security training yang dilaksanakan untuk membantu pengamanan perusahaan atau instansi tertentu. “Kami sudah masuk ranah profesional sejak 2013 lalu. Event terakhir yang diadakan pada Agustus lalu ada program kerjasama dengan Kementerian Pertahanan seputar cyber training. Pesertanya pada acara itu terdiri dari anggota Kopasus, Angkatan Darat dan Angkatan Laut TNI, serta Lembaga Sandi Negara,” kata Pailus. Selain itu, komunitas Xcode juga sudah banyak menghasilkan beberapa program pengamanan jaringan dan aplikasi hacking. Menurut Pailus, sudah ada beberapa komunitas hacker yang bertujuan positif seperti Xcode di Indonesia. “Mungkin di atas 10,” ucapnya. Lewat eksistensi beberapa komunitas tersebut, setidaknya citra buruk hacker secara berangsur-angsur bisa sedikit terkikis. Hubungan komunikasi antara sesama individu ataupun komunitas pun bisa tetap terjaga karena biasanya sudah memahami prinsip ethical hacking. “Sudah cukup banyak hacker di sini yang sudah mendapatkan sertifikasi internasional untuk ethical hacker, beberapa di antaranya merupakan trainer dan anggota di komunitas kami.” Adit, Pailus dan komunitas Xcode Community menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia sesungguhnya memiliki potensi yang besar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika saja pemerintah atau perusahaan swasta mau membuka peluang lebih besar untuk sumber daya manusia (SDM) berkemampuan istimewa tersebut, tentu aktivitas negatif pun setidaknya bisa berkurang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.