ODE UNTUK TRADISI

JEJAK INOVASI DARI SEABAD SILAM DIINTERPRETASIKAN KEMBALI DALAM FORMAT YANG RELEVAN DENGAN ZAMAN.

Esquire (Indonesia) - - Style Label -

Lewat perjalanan panjang yang ditempuh dan formula kebaruan yang dihasilkannya, sebuah label mode mampu mempertahankan eksistensi serta nilai prestise. Dengan beberapa bentuk inovasi, kreasi yang tercipta sejak ratusan tahun lalu pun bisa tetap tampil dengan format ikonisnya tanpa tergerus tren paling mutakhir sekalipun. Inilah yang berhasil dilakukan oleh Burberry lewat busana trench coat. Dipatenkan sejak tahun 1912 oleh Thomas Burberry, luaran yang terinspirasi dari desain mantel serdadu ini bahkan masih menjadi opsi gaya yang bertahan hingga sekarang.

Daya tarik utama trench coat terdapat pada material gabardine, yang menyatukan serat wol, katun dan polyester. Meskipun jalinan seratnya begitu rapat dan kuat, terdapat seratus jalinan benang setiap centimeter- nya, tekstur bahan ini cukup ringan dibandingkan wol. Ditilik dari segi desain, struktur busananya tampak tangguh dengan kombinasi siluet yang memeluk erat tubuh dan detail sabuk serta kancing besar. Pada bagian dada depan dan punggung atas tersedia bagian lain yang berfungsi melindungi mantel agar tetap kering saat berada di bawah rinai hujan. Demi fleksibilitas gerak, pada bagian bawah mantel belakang turut dilengkapi belahan.

Trench Coat kreasi Burberry dibuat di sebuah workshop di daerah Castleford, sebelah utara Inggris. Dalam proses produksinya, setiap satu potong busana harus melalui sekitar 100 tahapan yang menggabungkan keterampilan teknik tradisional dan teknologi modern. Sisi craftmanship-nya tampak lewat intrikasi jahitan tangan pada bagian belakang kerah. Para artisan bahkan harus mempelajari teknik khusus ini selama setahun, agar bisa menyusun jahitan silang sebanyak 11.5 setiap inci panjang kerah sehingga strukturnya menjadi tidak terlalu kaku. Pada bagian dalam dan lining disisipkan material motif checks khas Burberry terdiri dari kombinasi warna merah, hitam, ivory dan camel.

Seiring berjalannya waktu, trench coat terus berevolusi dengan beberapa perubahan pada siluet, palet warna dan material. Bersama koleksi musim semi dan panas 2014, Burberry turut melansir The Heritage Collection, kreasi trench coat dengan desain sesuai arsip klasiknya. Koleksi ini terbuat dari material katun gabardine dan hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, honey dan stone. Agar terkesan relevan, opsi busana ini turut mengaplikasikan siluet slim fit.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.