LAGA BELA DIRI WING CHUN

Esquire (Indonesia) - - Check-Out Komunitas -

Bila berbicara soal seni bela diri, pasti sudah tak asing lagi dengan sosok Bruce Lee. Ya, tokoh lengendaris era 70-an ini dikenal dengan kemampuan bela diri yang dikagumi banyak orang. Seni bela diri yang dianut sosok terkenal tersebut bernama wing chun. Aliran ini berasal dari Tiongkok dan berhasil dipopolerkan oleh Ip Man (Yip Man), yang berhasil memperkenalkan seni bela diri ini kepada banyak orang, termasuk kepada Bruce Lee. Melalui adegan-adegan laga dalam filmnya, secara tidak langsung Bruce Lee memperkenalkan aliran ini kepada dunia, termasuk Indonesia.

Kemunculannya di Indonesia sudah ada sejak era 70-an. Bahkan sekarang, sudah banyak orang-orang yang menggeluti bela diri ini sehingga membentuk komunitas. Umumnya, bela diri wing chun memiliki ragam aliran. Hal ini bergantung pada ajaran sifu, seorang guru yang melatih seni bela diri ini. Salah satu perkumpulan yang menganut aliran Ip Man yaitu Traditional Ip Man Wing Chun (TIMWC) Bandung, kelompok bela diri yang diketuai oleh Agus Budisusatyo. “Perkumpulan ini sebenarnya bagian dari TIMWC yang awalnya dibentuk di Jakarta oleh sifu Martin Kusuma. Namun kemudian kepengurusannya menjadi tersebar di setiap daerah termasuk Bandung. Secara garis besar, TIMWC di mana pun menganut aliran perguruan Ip Man,” ujar Agus kepada Esquire.

Perkumpulan yang sudah terdaftar di Departemen Kementrian Hukum dan HAM ini mulai menyebarluaskan bela diri wing chun di Bandung sejak 2014. Sistem keanggotaan TIMWC pun tidak dibatasi gender dan usia, baik pria maupun wanita dapat ikut serta mengikuti latihan komunitas ini. “Tidak sedikit orang yang mengenal beladiri ini. TIMWC diharapkan bisa menjadi wadah berkumpul dan berlatih bersama bagi orang-orang yang menyukai bela

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.