SPOT THE MUSIC

Esquire (Indonesia) - - Entertainment -

Beralihnya penikmat musik mendengarkan lagu-lagu favorit melalui layanan streaming memang bukan hal baru. Sejak mencuatnya kecanggihan teknologi yang memudahkan pengguna mengakses lagu-lagu melalui layanan internet, bukan hanya para musisi yang harus memutar otak untuk memasarkan karyanya. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan momen ini dengan membuka layanan on-line streaming. Belakangan ini, industri musik diramaikan dengan aplikasi streaming Spotify, yang menawarkan banyak lagu dengan akses melalui PC maupun ponsel pintar.

Menurut sebuah laporan dari The Wall Street Journal, layanan streaming memiliki nilai lebih dari seluruh pendapatan industri musik di Amerika. Tercatat bahwa pendapatan yang dihasilkan dari seluruh layanan streaming telah melampaui seluruh penjualan CD dan fisik lainnya, yaitu dengan menerima 400 juta Dolar AS. Namun, setelah munculnya Spotify, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Spotify saat ini bernilai lebih dari semua industri musik secara keseluruhan, termasuk penjualan fisik dan digital lainnya. Layanan streaming ini sekarang dilaporkan memiliki nilai bersih diperkirakan sebesar 8,4 miliar Dolar AS, yang bernilai lebih dari dua kali lipat dari Pandora yang merupakan saingan terdekatnya, diperkirakan senilai 3.5 miliar Dolar AS. Dengan jumlah yang sedemikian besar, bukan hal yang tidak mungkin bahwa Spotify menjadi kontributor besar bagi para musisi.

Salah satu musisi yang diuntungkan lewat kehadiran Spotify adalah Ed Sheeran. Dia menjadi artis Inggris pertama secara keseluruhan yang berhasil mencapai dua miliar aliran Spotify. Penyanyi tersebut mencapai tonggak mengalahkan Calvin Harris, musisi sekaligus DJ yang pernah melewati satu miliar aliran. Layanan Spotify sendiri baru resmi diluncurkan di Indonesia pada akhir Maret lalu. Saat melakukan ekspansinya ke Indonesia, Spotify langsung menyuguhkan koleksi musik besutan musisi dalam negeri. Demi menguatkan cita rasa lokal, mereka pun merekrut sejumlah orang Indonesia. Kehadiran Spotify di Indonesia membawa sejumlah paket berlangganan dengan diselipi oleh harga langganan dengan tarif bervariasi. Selain itu, tersedia pula versi gratis, namun memiliki beberapa batasan daripada versi langganan atau bayar. Musisi asal Inggris ini baru saja mengeluarkan album keduanya bertajuk The Colour in Everything. Blake melibatkan Kanye West, Frank Ocean, dan Justin Vernon dari Bon Iver menjadi artis tamu dalam album barunya. Album berdurasi 76 menit ini menunjukkan perkembangan Blake di industri musik. Mantan bintang Nickelodeon ini kembali meramaikan industri musik lewat karya terbarunya bertajuk Dangerous Woman. Setelah mendulang sukses dengan kolaborasinya yang tak terduga, seperti Bang Bang bersama Jessie J dan Nicki Minaj, hingga ke ranah EDM di lagu Break Free bersama Zedd. Wanita 22 tahun ini menggambarkan album terbarunya sebagai dirinya yang sudah beranjak dewasa.

ARIANA GRANDE DANGEROUS WOMAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.