Saat

Esquire (Indonesia) - - Style Guide -

esquire • juli

mengunjungi Jakarta bulan Maret lalu, Massimo Bottura, chef pesohor asal Italia, mengutarakan keheranannya. “Kenapa Indonesia yang memiliki tradisi kuliner sangat kaya bisa luput dari peta kuliner dunia? Tertinggal jauh dari Cina, Jepang, India dan Korea, juga dengan tetangga dekatnya, Vietnam, Thailand dan Malaysia.”

“Padahal, makanan Indonesia sangat lezat, punya keseimbangan yang tepat antara rasa gurih, manis, asam dan penuh bumbu,” ungkap chef peraih penghargaan 3 Bintang Michelin ini mengungkapkan kekagumannya saat menikmati ayam panggang, rendang dan gado-gado. Dia heran kenapa makanan Indonesia belum dikenal luas. Dengan keragaman kuliner yang luar biasa, menurut Bottura, Indonesia punya potensi untuk menjadi salah satu pusat kuliner dunia. Wah!

Seandainya Massimo Bottura berkesempatan mengunjugi Medan— sebuah kota melting pot kuliner Indonesia di bagian utara pulau Sumatera—apa kira-kira yang terbesit di benak sang chef kondang itu? Medan yang terbentuk dari beragam budaya tentu saja menjadi surga bagi para penikmat kuliner tradisional. Di kota ini bukan hanya rendang, gado-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.