S

Esquire (Indonesia) - - Cover Story -

etelah empat jam dalam perjalanan, kami berhenti di sebuah air terjun, dan sinar matahari menembus dari awan langit. “Indah, bukan?” katanya. Ponsel lipatnya berbunyi. Itu dari perawat sang ayah.

Hari ini hanyalah kali kedua sejak dia terbang kembali ke Amerika Serikat dari Eropa beberapa bulan yang lalu. “Ketika kini hanya dalam hitungan hari” hidup ayahnya, ketika ayahnya keluar rumah hanya untuk beberapa jam. (“Dia adalah pria yang tangguh,” jelas Viggo tentang ayahnya. “Hidupnya kini dibantu.”) Butuh waktu untuk menemukan perawat yang dapat dipercaya, namun dia telah mempekerjakan satu perawat untuk hari ini. Dia katakan pada Viggo bahwa ayahnya kehabisan obat, sehingga Viggo harus membelinya. Kami meninggalkan air terjun yang damai dan berkendara menuju sebuah mal di kota dan menepi di lahan parkir di Watertown.

“Bolehkah saya masuk ke dalam sendiri?” tanyanya. Dia tidak perlu mengatakan bahwa itu soal martabatnya. Sang ayah diikat di ranjang. Viggo tidur di kamar sebelah dengan sebuah monitor bayi yang dinyalakan. Dia tidak perlu berkata panjang lebar.

Dia keluar dari toko dan membawa barang belanjaannya ke dalam bagasi. Dan kami menuju pertanian sang ayah. Katanya, justru ibunya yang kelahiran Watertown. Ibunya bertemu dengan ayahnya di sebuah perjalanan menuju Norwegia. “Little Viggo.” Demikian dia biasa dipanggil oleh orangtuanya. Orang Eropa tidak menggunakan kata junior. Viggo terlahir di New York, anak sulung dari tiga bersaudara. Namun ketika dia masih bayi, ayahnya yang seorang petani di Denmark, mendapat pekerjaan yang mengirimnya ke Argentina untuk mengelola peternakan unggas. Ketika Viggo berusia 11 tahun, orangtuanya bercerai dan semuanya jadi berantakan. Grace membawa ketiga anak-anaknya kembali ke Watertown, AS. Sang ayah sempat berhubungan dengan beberapa istri dan wanita hingga akhirnya dia turut memutuskan untuk pindah ke Watertown. Dia katakan bahwa itu mengingatkannya pada Denmark. Viggo tahu bahwa kepindahannya lebih ingin menyakiti ibunya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.