SPOILER ALERT!

Esquire (Indonesia) - - Mahb -

Layar bioskop menampilkan sederet nama-nama yang berkontribusi dalam sebuah film, menunjukkan bahwa jalan cerita film telah usai dengan menghadirkan credit title di penghujung waktu. Meskipun begitu, masih banyak penonton yang belum mau beranjak dari kursinya untuk pergi meninggalkan studio. Mereka rela menunggu dan menghabiskan waktu demi cuplikan kecil berupa post credit scene. Adegan pendek yang berlangsung di tengah credit title atau setelahnya itu merupakan satu scene penting yang banyak dinantikan. Beberapa orang menganggapnya sebagai spoilers, yang akan berkaitan pada film seri selanjutnya atau film lain.

Dari sekian banyak film yang menyajikan post credit scene, film-film garapan Marvel Studio menjadi yang paling sering memberikan post credit scene di penghujung film-film superhero-nya. Simak saja sederet film superhero garapan Marvel di tahun 2016. Film Captain America: Civil War menampilkan post credit scene mengenai seri terbaru The Avengers dan Black Panther, serta film X-men: Apocalypse yang memunculkan bocoran mengenai film terbaru Wolverine. Tidak mau kalah dari pesaingnya, beberapa proyek garapan DC Comics juga turut memberikan spoiler berupa post credit scene di penghujung film. Sebut saja Batman v Superman: Dawn of Justice Wonder Woman Post credit scene superhero Tomorrowland, Ice Age: The Great Egg-scapade, Minions, Pitch Perfect 2, Inside Out, Kingsman: The Secret Service, Zootopia, The Angry Birds Movie, dan masih banyak lagi. Upaya memunculkan spoiler juga menjadi strategi pembuat film untuk menarik perhatian pencinta film. Terlepas dari penting atau tidaknya scene tersebut, penonton dapat mengetahui karena scene yang ada di film tersebut menjadi petunjuk untuk proyek film selanjutnya.

Melekat sebagai sebuah ciri khas, post credit scene menjadi satu bagian penting dari beberapa proyek film yang kerap memiliki sequel lanjutan. Sajian memunculkan scene setelah credit film yang terkadang menimbulkan tanda tanya, walau beberapa hanya terkesan sebagai pemanis belaka. Melihat dari seberapa besar dampak dan efek yang akan diciptakan, nyatanya cuplikan kecil ini menjadi daya tarik tersendiri di dunia perfilman. Banyak rumah produksi yang tidak ragu menampilkan post credit scene demi memuaskan rasa penasaran penonton terhadap film-film garapannya.

yang menyuguhkan adegan film

yang akan rilis di tahun mendatang. tidak hanya didominasi film bergenre semata. Selain film buatan Marvel dan DC Comics, beberapa film lain juga menampilkan bocoran untuk sekuel selanjutnya seperti

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.