NARASI TENTANG WISATA

Esquire (Indonesia) - - Mahb -

Beberapa waktu belakangan kerap terjadi satu hal yang menggelitik, yakni ketika banyak toko buku kebingungan menempatkan buku-buku travelogue. ada yang diletakkan di rak buku wisata, namun ada juga yang meletakkannya di rak buku populer. buku travelogue bukanlah buku panduan wisata, dan bukan juga buku novel petualangan. namun, kedua unsur tersebut justru merupakan pembentuk karakter utama travelogue.

lebih dari sekadar panduan wisata, travelogue turut membahas aktivitas ‘jalan-jalan’ dari sudut pandang penulis. seperti halnya novel, buku travelogue juga memiiki emosi di dalam narasi yang tertulis di dalamnya, sehingga tak jarang kisahnya membekas di hati pembaca.

Trinity dan agustinus Wibowo adalah dua nama terdepan dalam genre travelogue di tanah air. keduanya seakan-akan menggebrak pakem buku wisata yang umum terbit di indonesia, yakni yang berorientasi pada panduan perjalanan.

perlahan namun pasti, buku bergenre travelogue kian mendapatkan hati di kalangan penikmat literatur tanah air. rak-rak buku terlaris cukup sering disinggahi oleh buku travelogue selama beberapa minggu lamanya. bahkan, buku travelogue turut mendapat kehormatan sebagai jenis buku tersediri yang dikenalkan oleh pemerintah dalam ajang pameran buku terbesar di dunia, Frankfurt Book Fair 2015 lalu. selain itu, media sosial juga banyak menangkap momen-momen unggahan tentang wisata yang terinspirasi oleh kehadiran travelogue. unggahan gambar kegiatan wisata tidak lagi sekadar diiringi tulisan singkat bernada ‘girang’, melainkan perlahan berganti pada deskripsi subyektif mengenai destinasi yang dikunjungi. khalayak pun semakin tidak ragu untuk berkata jujur mengenai hal-hal yang dirasakannya ketika mengunjungi suatu destinasi. karena traveling lebih dari sekadar berwisata meskipun ambiguitas peletakan buku travelogue di rak toko buku masih berlanjut, setidaknya anda tidak lagi bingung dengan konsep travelogue, bukan?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.