BERSELANCAR DI KEGELAPAN MALAM

Esquire (Indonesia) - - Experience -

Pulau Dewata selalu memiliki hal unik dan menantang bagi para peselancar dalam menaklukkan ombak. Saya tidak sedang membicarakan titik selancar baru, melainkan sebuah variasi kompetisi selancar yang tidak biasa, Red Bull Night Riders 2016. Bertempat di pesisir Pantai Begawa, Bali, kompetisi yang dihelat oleh brand minuman energi Red Bull pada akhir Juli lalu itu memberikan tantangan delapan peselancar pro lokal dan internasional untuk menaklukkan ombak sebaik mungkin di kegelapan malam.

Saya beruntung dapat menyaksikan langsung kompetisi unik tersebut dari sudut pengamatan yang menyenangkan, yakni di Finn’s Beach Club Canggu. Malam itu, saya memilih untuk menyaksikan kompetisi dari bangku santai di tepian kolam renang yang menghadap pantai. Tembakan cahaya lampu sorot dari berbagai sudut membentuk area terang di sebagian perairan Begawa sebagai lokasi kompetisi berlangsung. Dengan dipandu sebuah jetski, para peselancar bergantian ditarik ke lautan, berupaya mencari ombak terbaik untuk kemudian dikuasai melalui berbagai teknik selancar profesional. Selama hanya 10 menit para peselancar diberikan waktu untuk menunjukkan teknik berselancar terbaik mereka di hadapan dua legenda selancar nasional, Ketut Menda dan Rizal Tanjung, yang menjadi panel juri kompetisi terkait.

Ada tiga elemen utama dalam penilaian kompetisi Red Bull Night Riders 2016 ini, yakni gaya selancar, tinggi lompatan, dan kestabilan pendaratan. Salah saorang peselancar yang cukup mencuri perhatian adalah Bronson Meidy. Di usianya yang baru menginjak 12, peselancar belia asal Pulau Sumba itu tampil sangat atraktif dengan cukup banyak lompatan terbaik yang membuat riuh kekaguman penonton kian bergemuruh. Bahkan di kesempatan kedua kompetisi, Meidy berhasil menaiki ombak besar dengan nilai nyaris sempurna dalam sekali laju. namun, Meidy harus berlapang dada mendapatkan posisi ketiga karena kalah selisih nilai dari peselancar asal Kuta, Raju Sena.

Peselancar nasional blasteran indonesia-australia, Lee Wilson berhasil meraih posisi juara. nilai tertinggi Lee berhasil diraih melalui lompatan memutarnya yang sempurna tanpa memegang papan. Selain itu, Lee juga merupakan satu-satunya peselancar yang paling banyak menemukan ombak terbaik untuk selancar malam itu. Kejelian serta ketangkasannya selalu berhasil membuat decak kagum sekitar 3.000 penonton yang memenuhi Finn’s Beach Club Canggu dan Pantai Begawa. Atas kemenangannya, Lee pun berhak membawa pulang hadiah cek tunai senilai Rp 15 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.