RAPHAEL MAITIMO

Esquire (Indonesia) - - MaHB -

Bisa diceritakan bagaimana perjalanan karier Anda sebagai pemain sepak bola sebelum berlaga di Indonesia?

saya mulai terjun bermain sepak bola pada usia delapan tahun saat masih di belanda. kemudian pada saat berusia sembilan tahun saya sudah bergabung dengan liga profesional di sana. memasuki usia 20, saya bermain bersama klub sepak bola belanda. saya juga pernah memiliki pengalaman berkarier sebagai pemain sepak bola di salah satu klub di Tiongkok. setelah itu, saya memutuskan untuk ikut terlibat dalam sepak bola indonesia. di tahun 2016 ini saya tergabung dalam klub arema Cronus. Pernah turut berkontribusi dalam penampilan Internasional untuk tim Nasional Indonesia?

Tentu, saya memulai debut internasional bersama Timnas pada 2012 lalu saat melawan laos di ajang piala AFF 2012 dan turut menyumbangkan gol pertama untuk Timnas. selanjutnya, saya beberapa kali dilibatkan dalam pertandingan persahabatan melawan negara-negara lain. Apa yang membuat Anda tertarik memilih karier sepak bola di negara ini?

Jujur saja, sepak bola di negara ini masih terbilang baru berkembang. apalagi tahun lalu liga indonesia sempat dihentikan. Tapi ini juga menjadi tantangan buat saya dalam menghadapi kondisi seperti ini. bisa memberikan permainan yang baik untuk indonesia menjadi kontribusi yang cukup membanggakan bagi saya. Apa kesulitan yang dihadapi sebagai pemain naturalisasi?

awalnya sedikit kesulitan mengenai bahasa. karena saya belum pandai memakai bahasa indonesia dan pemain lain tidak semuanya pandai menggunakan bahasa inggris. namun sekarang sudah bisa memahami dan mengucapkan bahasa indonesia. Pernah berpikir untuk pindah dan bermain untuk negara lain?

Jika ada kesempatan dan hal tersebut cukup menjanjikan, tidak ada alasan bagi saya untuk menolaknya. yang terpenting bagi saya adalah tetap dapat bermain sepak bola dan berjuang dalam setiap pertandingan yang saya hadapi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.