THE RAISE OF SIMPLICITY

Jajaran Kamera Praktis yang mengusung teknologi terkini.

Esquire (Indonesia) - - Before We Begin -

Tren kamera digital telah memasuki masa transisi, di mana penggunaan kamera digital kini mulai banyak yang beralih ke kamera mirrorless yang dianggap lebih ringkas dan lebih mudah penggunaannya. Memahami perkembangan tren ini, Fujifilm turut meramaikan pasar kamera mirrorless dengan memperkenalkan produk terbarunya, GFX 50s. kamera ini memiliki ukuran sensor yang besar namun tetap memiliki bodi yang ringkas. Mengenai lensa, Fujifilm telah menanamkan lensa seri Fujinon GF yang memiliki resolusi 51,4 megapixel dan berukuran 43,8 x 32,9 mm. Fujifilm melengkapi fitur kamera ini dengan fungsi viewfinder yang dapat dilepas dan diletakkan di bagian atas. pada panel bagian atas kamera, Fujifilm juga mempersenjatai berbagai tombol dial (putar) untuk pengaturan, seperti setting iso dan shutter speed. di tepi kanan panel tersebut kini terdapat sebuah layar mungil yang menampilkan informasi pengaturan dasar, seperti shutter speed, apperture, exposure value dan iso. Bagian belakang GFX 50s sendiri ditanamkan sebuah lcd fleksibel yang dapat ditekuk ke atas, ke bawah, dan ke kanan. Fleksibilitas ini akan sangat membantu saat pengguna memotret landscape atau di studio.

Jika saya dapat menceritakan momen dalam kata-kata, saya tidak akan memerlukan kamera untuk menangkap gambar dari momen tersebut.” –Lewis Hine, fotografer– Label Xiaomi juga turut mencoba peruntungannya di pasar kamera mirrorless dengan meluncurkan produk Yi M1. kamera ini mengusung sistem Micro Four Thirds (MFT) yang juga telah digunakan banyak pabrikan kamera besar lain. artinya, M1 dipastikan bisa menggunakan lensa-lensa buatan pabrikan kamera yang menggunakan sistem yang sama tersebut. adapun sensor yang digunakan M1 merupakan buatan sony, yakni Cmos IMX269 yang mengusung resolusi 20Mp. sensor ini bisa menghasilkan file RAW berformat DNG, juga bisa merekam video dengan resolusi 4k/30p. Menyoal segi desain, Xiaomi Y1 M1 mengusung desain yang mewah, tangguh dan nyaman dalam genggaman. Bobotnya terasa ringan, namun konstruksi dan material yang dipakai tidak rapuh. pada sisi kanan bodi kamera pun terdapat grip karet sehingga genggaman terasa nyaman.

mirrorless bukan menjadi satu-satunya yang mengancam pergeseran fungsi kamera dslr. pasaran kamera instan turut memikat orang-orang yang ingin menangkap dan mencetak gambar serba instan. pabrikan kamera asal Jerman leica baru saja memperkenalkan kamera instan sofort. kamera instan pertama lansiran dari leica memungkinkan pengguna langsung mencetak foto yang dijepret pengguna di medium kertas film berukuran kecil. Jenis kertas film yang digunakan sama seperti lansiran pesaingnya dari Fujifilm, yakni Fujifilm instax Mini. kamera berbentuk persegi ini memiliki lensa 60 mm F12.7 (34mm ekuvalen full-frame), berikut jendela bidik, rentang kecepatan rana 1/8 detik hingga 1/400 detik, dan sebuah lampu flash. di bagian depannya tertanam sebuah cermin persegi berukuran kecil untuk membantu pengguna ketika melakukan selfie. sofort diusung dengan beberapa pilihan desain warna seperti putih, pink, dan hijau toska.

Kamera

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.