Berpartisipasi dalam ekonomi digital

Potensi perkembangan ekonomi digital di Indonesia cukup menjanjikan.

Esquire (Indonesia) - - Before We Begin - Teks: Umar Juoro

Salah satu perkembangan ekonomi yang pesat belakangan ini adalah ekonomi digital. Ekonomi digital adalah jaringan kegiatan ekonomi yang berlangsung tidak saja di dalam, tetapi juga di luar negeri yang memanfaatkan teknologi informasi digital. Ekonomi digital memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang bergeser dari sistem analog (kontinyu) menjadi digital (diskrit) yang berbasis pada bilangan biner. Ekonomi digital juga sering disebut sebagai ekonomi internet atau ekonomi web.

Tiga komponen ekonomi digital adalah, pertama, infrastruktur pendukung (perangkat keras, perangkat lunak, telekomunikasi, jaringan, dan lainnya); kedua, e-business (bagaimana bisnis dijalankan, berbagai proses yang dilakukan melalui jaringan komputer); ketiga, e-commerce ( jual-beli barang melalui internet). Dalam bentuk ekonomi baru ini, jaringan digital dan infrastruktur ekonomi memberikan landasan global (global platform) bagi organisasi dan masyarakat menetapkan strategi, berinteraksi, berkomunikasi, berkolaborasi, dan mencari informasi.

Ekonomi digital berkembang pesat dalam skala dunia dan menjadi penggerak utama inovasi, daya saing dan pertumbuhan. Kecenderungan digital seperti cloud computing, mobile web services, smart grids, dan social media secara radikal mengubah lingkungan bisnis, batasan hubungan bisnis, mengubah sifat dari pekerjaan serta pola kehidupan pribadi.

Kecenderungan ini bukan saja merupakan inovasi teknologi, tetapi juga inovasi dalam model bisnis, jaringan bisnis, alih pengetahuan, akses pada pasar internasional, dan hubungan individual yang lintas batas negara. Lebih dari tiga miliar (sekitar setengah) penduduk bumi ini terhubungkan dengan internet. Bisnis dan individu yang tidak terhubung dengan internet menjadi makin tertinggal dalam perkembangan ekonomi dan dinamika di dunia ini.

Informasi digital memberikan peluang baru pada bisnis dan individu untuk berkembang cepat. Dengan terlibat dalam jaringan digital, bisnis dan individu dapat tumbuh dengan pesat. Tidak terlibat dalam ekonomi digital, bisnis dan individu akan semakin tertinggal. Teknologi baru juga penting bagi perkembangan industri dan sektor ekonomi lainnya. Digitalisasi industri manufaktur mengubah proses

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.