Pecinan Punya Cerita

Esquire (Indonesia) - - Reportase -

dengan kebanyakan masyarakat Tionghoa peranakan di indonesia. dari segi fisik, masyarakat Cina Benteng dikenal berkulit agak gelap layaknya masyarakat indocina.

Meskipun sempat meredup eksistensinya di era orde Baru, kini tradisi masyarakat Cina Benteng kembali menggeliat di permukaan. salah satunya ditandai dengan kemunculan kembali festival tahunan peh Cun yang identik dengan kompetisi perahu naga. Festival yang dihelat setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan imlek ini berawal dari legenda salah satu menteri negara Chu, yakni Qu yuan (339-227 sm), yang dikenal sebagai seorang pejabat inovatif serta setia pada negara. sayangnya, Qu yuan dibenci oleh pihak kerajaan karena kerap merongrong mereka yang diduga melakukan tindak korupsi.

akibat terus ditekan oleh pihak kerajaan, sang pejabat yang sangat dicintai rakyat tersebut mengalami depresi dan memutuskan terjun bunuh diri ke sungai Mi Lou. untuk memperingati tragedi tersebut, masyarakat menggelar festival perahu naga sebagai simbol untuk mencari jasad sang menteri dengan mengendarai naga yang dianggap sebagai hewan suci. konsep mendayung bersama yang dilakukan oleh tim perahu naga menyiratkan semangat

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.