CREATING HEROES

Menggarap studio komik budaya lokal.

Esquire (Indonesia) - - Sukses - teks: Rizal adiputra • Foto: timotius Victor

“komik-komik garapan marcell juga menyita perhatian beberapa pembuat film.”

Bekal Imajinasi

Setiap manusia pasti melalui fase yang sama dalam kehidupan. Ketika berada pada masa kecil yang penuh imajinasi dan mimpi, banyak orang kerap membayangkan dirinya menjadi seorang pahlawan super yang penuh gairah untuk bisa beraksi memberantas berbagai tindak kejahatan. Imajinasi sederhana itulah yang membawa sosok Marcelino Lefrandt dalam menciptakan Skylar Comics. Bersama dua orang rekan yang telah dipercayainya sejak lama, Marcel menggandengnya membentuk sebuah studio komik yang menciptakan berbagai karakter fantasi. “Sebagai kreator, jujur saja di otak saya sudah menyimpan hampir 50 karakter pahlawan super yang ingin direalisasikan dalam serial komik. Namun, mengingat kesibukan yang masih saya jalani sebagai aktor, semuanya belum sempat dimuat dalam komik. Saat ini, kami sudah berhasil membuat beberapa serial komik pahlawan super seperti Volt, Jawara Indonesia, dan Valentine,” ungkap pria yang mahir dalam berbagai seni beladiri ini kepada Esquire.

Karakter Lokal

Skylar Comics yang didirikannya sejak 2012 ini menjadi harapan baru bagi industri komik Indonesia. Komik Indonesia dalam kategori pahlawan super pernah mengalami masa kejayaan di masa lalu dengan tokoh-tokoh, seperti Gundala Putera Petir, Aquanus, dan Godam Manusia Besi, yang sempat begitu populer di tahun 1960-1970an. Sayangnya, para jagoan tersebut mendadak menghilang bak ditelan bumi. Remaja atau anak-anak yang tumbuh di era setelahnya lebih banyak menggilai komik luar negeri asal Negeri Paman Sam dan Negeri Sakura. “Hampir semua karakter fantasi yang dibuat dalam serial komik di Skylar Comics merupakan karakter yang diselaraskan dengan budaya Indoenesia. Saya kerap mengambil inspirasi dari cerita-cerita rakyat dari berbagai provinsi di Indonesia dalam membuat jalannya cerita sebuah komik,” tambah Marcell. Skylar Comics memasukkan unsur yang melekat dengan Indonesia tidak hanya dari karakterkarakter dan kisahnya saja, melainkan juga melalui atribut khas Indonesia seperti misalnya gambar Monumen Nasional (Monas), bendera Indonesia, serta transportasi umum khas Indonesia.

Simbol Sukses

Pasar komik di tanah air memang tidak sebesar di negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang. Meskipun begitu, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap cerita dari komik-komik bergambar tidaklah sedikit. Pada awal peluncuran saja, Volt yang merupakan garapan pertama dari Skylar Comics berhasil mencetak hampir 4000 eksemplar. Kini, komik perdana ciptaan Marcell itu sudah memasuki edisi ke-10 dan memiliki jangkauan pembeli di berbagai wilayah Indonesia. Gayung bersambut, jika Amerika didominasi oleh karakter komik garapan Marvel dan DC yang diadaptasi ke ranah film, komik-komik garapan Marcell juga menyita perhatian beberapa pembuat film. “Serial komik Valentine sudah diadaptasi ke dalam bentuk mini series yang tayang di Youtube. Tahun ini kami sedang menggarap film Jawara Indonesia, dan di tahun mendatang kami berencana melanjutkan produksi film dari serial komik Volt,” papar pria yang pernah mengawali kariernya sebagai model.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.