INSTAGRAM SEBAGAI PEDOMAN GAYA HIDUP

Esquire (Indonesia) - - This Way Out -

Percaya atau tidak, perlahan namun pasti, Instagram telah mengubah cara hidup kita. Lahirnya teknik pemasaran baru melalui istilah ‘influencer’ yang merujuk pada jalinan kerja sama endorsement dengan para selebgram, julukan bagi figur yang memiliki pengikut dalam jumlah besar. Bahkan, hingga penentuan tren gaya hidup yang belakangan makin berkiblat pada dinamika unggahan visual di Instagram.

Satu contoh sederhana, ketika ingin membeli item fashion, seperti sepatu atau jaket, Anda dan banyak netizen lainnya cenderung mengecek Instagram untuk mencari referensi. Cepat dan praktis adalah alasan mengapa banyak orang senang berbelanja online melalui Instagram dibandingkan mengunjungi toko daring di dunia maya. Selain itu, ada yang mengatakan bahwa berbelanja di Instagram bersifat personal, pembeli akan merasa dekat dengan penjualnya karena dapat berkunjung dan memilih sesuka hati benda-benda apa yang hendak dibeli. Meskipun isu keamanan bertransaksi kerap menjadi dilema, namun nuansa akrab dan santai yang diberikan Instagram selalu berhasil menutupi bayang-bayang kelam tersebut.

Sama seperti pemasaran, tren gaya hidup juga kini banyak berdasar pada apa yang tengah diperbincangkan dan menjadi highlight di Instagram. Anda tentu masih ingat beberapa tren global yang berawal dari unggahan kreatif (terkadang juga konyol) yang berhasil mengoleksi ribuan tanda suka, seperti pose plank, tantangan ember es, hingga gurauan Damn Daniel!. Beberapa referensi gaya hidup juga banyak berasal dari tren di Instagram, seperti inspirasi gaya berbusana melalui tanda pagar (tagar) #OOTD, inspirasi hidup sehat melalui tagar #Jangankasihkendor, hingga adu unggah foto perjalanan terbaik melalui tagar #Mytripmyadventure yang merujuk pada salah satu acara traveling populer di salah satu televisi swasta Tanah Air.

Menariknya lagi, beberapa brand besar juga mulai melirik Instagram sebagai ‘lahan multiguna’ bagi perkembangan bisnisnya. Lahan multiguna tersebut berisikan objek riset, promosi, dan terkadang hingga penjualan langsung. Industri fashion adalah salah satu yang cukup aktif memanfaatkan Instagram sebagai bagian dari pengembangan bisnisnya. Sebut saja label Gucci dan Saint Laurent yang kerap berada di posisi teratas rumah mode dengan aktivitas paling aktif di Instagram.

Singkat kata, Instagram telah banyak mengubah cara pandang masyarakat modern dalam menanggapi berbagai isu kontemporer. Dengan fasilitas yang tidak kompleks seperti Facebook dan tidak sesingkat Twitter, namun kaya akan visual yang dinamis, membuat Instagram melenggang sebagai idola terkini di ranah media sosial.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.