An Adventurous Journey

motor yang tepat bagi penyuka petualangan menantang.

Esquire (Indonesia) - - Experience -

Tentu tidak ada tempat yang paling tepat untuk menguji motor dual

purpose selain di medan yang menjadi habitatnya bukan? itulah mengapa Pt kawasaki Motor indonesia (kmi) mengundang esquire untuk menjajal motor petualang terbaru mereka yakni kawasaki Versys-x 250 di Bromo, Jawa timur, medio Februari lalu.

Wilayah Bromo yang memiliki kombinasi jalanan beraspal panjang, menanjak dan berliku, dilengkapi medan berpasir, amat menantang sekaligus menjadi tempat terbaik untuk menjajal kawasaki Versys-x250. Pengujian motor dibagi menjadi dua sesi, pertama di jalan raya di seputaran terminal sukapura, Probolinggo, atau sebelum menanjak ke Bromo. keesokan harinya kami didaulat menjajal kawasaki Versys X-250 di lautan pasir Bromo.

Dirilis dalam dua pilihan model yakni City Version dan tourer, kawasaki Versys-x 250 dikembangkan untuk pasar indonesia. sehingga tidaklah mengherankan jika motor tersebut sangat ergonomis bagi ukuran tubuh rata-rata orang indonesia. Bahkan, saat duduk di atas joknya, kaki saya bisa menapak sempurna ke permukaan aspal.

tubuh kawasaki Versys X-250 yang besar dan tinggi sempat membuat saya terintimidasi. namun, begitu mengujinya di jalanan menanjak dan berliku, motor ini ternyata terasa sangat ringan. Padahal, bobotnya berada di kisaran 170 kg untuk tipe terendah, dan 184 kg untuk tipe tertinggi, karena dilengkapi boks di sisi kiri dan kanan motor. rahasianya adalah titik gravitasi (center

of gravity) yang berada di bawah tempat duduk pengendara.

keesokan harinya, selepas menikmati pemandangan matahari terbit di gunung Bromo, saya diantar ke lembah berpasir Bromo untuk menguji ketangguhan kawasaki Versys X-250. Menunggangi kuda besi kawasaki bertipe tourer, esquire tidak kesulitan membelah padang berpasir Bromo. ketika roda depan terjebak di dalam pasir yang dalam dan roda depan seperti kehilangan pijakan, sedikit

counter saja (dengan gerakan badan dan setang), motor kembali mudah dikendalikan. Mesin dua silinder (parallel

twin), berkapasitas 249cc bertenaga maksimal 34 Ps pada 11.500 rpm, dan torsi 21,7 nm pada 10.000 rpm juga tidak kehilangan tenaga pada putaran menengah hingga atas.

karakter mesin Versys-x250 bertenaga di antara 4.000 sampai 7.000 rpm, cukup baik untuk menaklukkan medan berpasir Bromo yang tidak terlalu berat. kesemua itu menjadi modal bagi kawasaki X-250 untuk menemani anda yang ingin bertualang menikmati indahnya indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.