Deal or No Deal!

Strategi mempertahankan bisnis dengan penggabungan usaha.

Esquire (Indonesia) - - Daftar Isi -

Pengelola sebuah bisnis, baik sebagai pemilik atau salah satu pemegang keputusan dalam sebuah perusahaan pasti dihadapkan pada tantangan untuk mempertahankan bisnisnya tetap sukses atau bahkan berekspansi dengan skala yang lebih besar. namun, di tengah dinamika persaingan pasar yang semakin masif, mempertahankan dan ekspansi perusahaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan analisa pasar dan strategi yang tepat untuk mengatasinya. salah satu strategi yang kerap dilakukan para pemilik yaitu melalui ekspansi eksternal yang dapat dilakukan dengan penggabungan usaha. salah satu bentuk kerjasama yang dapat ditempuh adalah dengan menggabungkan dua perusahaan atau lebih, baik yang sejenis maupun tidak sejenis menjadi satu.

seperti yang dikutip dalam standar akuntansi keuangan (psak) no. 22 paragraf 08 tahun 1999, dinyatakan bahwa “penggabungan usaha adalah pernyataan dua atau lebih perusahaan yang terpisah menjadi satu entitas ekonomi karena satu perusahaan menyatu dengan perusahaan lain atau memperoleh kendali atas aktiva dan operasi perusahaan”. dari definisi tersebut, dapat diketahui bahwa penggabungan usaha merupakan usaha pengembangan atau perluasan usaha dengan cara menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan ekonomi. namun dalam penggabungan usaha ini, ada beberapa alasan yang mendasari perusahaan untuk memilih penggabungan usaha sebagai alat perluasan.

alasan yang pertama adalah untuk meningkatkan dana. Banyak perusahaan tidak memperoleh dana untuk melakukan ekspansi internal tetapi dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi eksternal. salah satu caranya yaitu perusahaan tersebut menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi sehingga menyebabkan peningkatan daya pinjam perusahaan dan penurunan kewajiban perusahaan. hal ini memungkinkan meningkatkan dana dengan biaya yang rendah. kondisi perusahaan yang tidak dapat berkembang dengan baik juga menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan tersebut harus melakukan penggabungan usaha. Biasanya beberapa perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik karena tidak adanya efisiensi pada manajemennya atau kurangnya teknologi. perusahaan yang tidak dapat mengefisiensikan manajemennya dan tidak dapat membayar untuk mengembangkan teknologinya akan mengalami kebuntuan di tengah jalan sehingga tidak bisa berkembang lebih jauh lagi. oleh karena itu, penggabungan usaha di mana perusahaan tersebut menggabungkan diri dengan perusahaan lain yang memiliki manajemen lebih baik serta teknologi yang lebih canggih merupakan sebuah solusi yang paling tepat. Melalui penggabungan usaha tersebut, perusahaan dapat menambah keterampilan manajemen dan meningkatkan teknologi yang dimilikinya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.